Bakohumas Kaltim Segera Dilantik

Lancarkan arus informasi kepada masyarakat

SAMARINDA - Kepengurusan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Kaltim akan dilantik, Senin (27/10). Badan yang akan berfungsi untuk membangun kelancaran arus informasi kepada masyarakat tersebut rencananya akan dilantik oleh Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, S Adiyat mengungkapkan penyusunan kepengurusan Bakohumas Kaltim ini sejalan dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 35 Tahun 2014 tentang Bakohumas.

Tujuan utama pembentukan kepengurusan Bakohumas ini dijelaskan Adiyat adalah untuk memperlancar arus informasi sekaligus mengatasi kesenjangan informasi antarinstansi pemerintah dan lembaga yang penting untuk diketahui masyarakat. Sebab itulah, perlu koordinasi yang lebih baik antarunit kerja bidang kehumasan di masing-masing instansi.

"Wakil Gubernur Mukmin Faisyal yang akan melantik kepengurusan Bakohumas Kaltim, Senin nanti," kata Adiyat didampingi Kabag Kehumasan Biro Humas dan Protokol, Imanudin, Jumat (24/10).

Kepengurusan Bakohumas periode lima tahun ke depan ini akan dipimpin oleh Ketua Umum Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim, Ketua Pelaksana Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Wakil Ketua Pelaksana Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim dan Sekretaris Kabag Humas Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim.

Organisasi ini juga akan diperkuat sejumlah bidang diantaranya bidang organisasi, sumber daya manusia, hubungan antarlembaga, hukum dan advokasi, penelitian dan pengembangan (litbang) dan kesekretariatan.

Bakohumas terdiri dari berbagai unsur pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal, perguruan tinggi, BUMN dan BUMD.

Adiyat menjelaskan, setelah pelantikan juga akan dilakukan rapat kerja tahunan menghadirkan Ketua Ombudsman RI, Danang Girindrawardana yang akan membawakan materi Ombudsman dan Pelayanan Publik. Pemateri lainnya dari pengurus Bakohumas Pusat.

"Selanjutnya akan dilakukan anjang sana ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)," ujar Adiyat.

Provinsi ini dipilih menjadi tujuan anjang sana karena pada tahun 2014, salah satu desa di provinsi ini meraih penghargaan sebagai "Kampung Media". "Kami ingin melihat lebih dekat, lebih jelas seperti apa Kampung Media ini. Setelah itu, kami juga akan melihat  lokasi-lokasi pembuatan produk unggulan dan wisata populer di provinsi itu," kata Adiyat seraya berharap agar pada Senin, 27 Oktober semua pengurus dan keanggotaan Bakohumas Kaltim hadir dalam acara pelantikan dan rapat kerja tahunan tersebut. (sul/hmsprov)

Berita Terkait