Balitbangda Kaltim Simulasi Kebakaran

SAMARINDA - Menambah pengetahuan tentang penanganan terjadinya musibah kebakaran, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim menggelar simulasi pemadam kebakaran.  


Simulasi tersebut, kata Kepala Balitbangda Kaltim Hj Halda Arsyad bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pegawai di lingkungan kantor tersebut agar ketika menghadapi musibah kebakaran,  dapat menangani penanganan dengan tepat dan tenang.  


“Saya berharap ini menjadi antisipasi awal terhadap penanggulangan bencana kebakaran di lingkungan kantor dan tempat tinggal pegawai Balitbangda Kaltim,” kata Halda Arsyad usai simulasi kebakaran di halaman Kantor Balitbangda Kaltim Samarinda, Senin (4/2).


Simulasi tersebut dilakukan dengan bimbingan Petugas Pemadam Kebakaran  UPTD 2 Wilayah Samarinda Ulu Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadaman Kebakaran Kota Samarinda.


Menurut dia, simulasi ini diharapkan bukan hanya dilakukan Balitbangda Kaltim, tetapi juga dapat dilakukan SKPD lain, sehingga dapat memberikan pengetahuan tentang penanganan yang tepat jika terjadi kebakaran.


“Sesuai arahan Bapak Gubernur Awang Faroek, semua SKPD diharapkan dapat melakukan penanganan sedini mungkin sebelum terjadi bencana,” jelasnya.


Sementara itu, Kepala Instruktur Pemadam Kebakaran UPTD 2 Wilayah Samarinda Ulu Imam Syahrani menjelaskan, musibah kebakaran bisa dipicu oleh kebocoran gas. Tindakan yang harus dilakukan masyarakat adalah melepas regulator tabung gas, mematikan alat-alat listrik dan membuka jendela rumah.  


“Saat kejadian, yang terpenting kita tidak boleh panik dan selalu sigap,” jelasnya.
Pada simulasi tersebut,  para pegawai Balitbangda Kaltim  mempraktekkan upaya-upaya yang benar dalam pemadaman api baik menggunakan karung basah, tabung nitrogen dan tabung pemadam api. (jay/hmsprov).

////Foto : Kepala Balitbangda Kaltim Hj Halda Arsyad saat mengikuti simulasi penanganan kebakaran.(Ist)


 

Berita Terkait
Government Public Relation