Bandara APT Pranoto, Optimis 25 Oktober Diresmikan Presiden

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Salman Lumoindong bersama tim dari Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura I di saat meninjau runway Bandara APT Pranoto, Senin (8/10). (ist/dishub kaltim)

SAMARINDA - Pemprov Kaltim terus melakukan persiapan untuk memantapkan rencana peresmian Bandara APT Pranoto Samarinda oleh Presiden Joko Widodo, 25 Oktober mendatang. Asisten Ekonomi Pembangunan Setdaprov Kaltim H Ichwansyah menegaskan pihaknya optimis pesawat kepresidenan bisa mendarat di Bandara APT Pranoto sekaligus meresmikan operasional bandara pengganti Bandara Temindung tersebut.

"Kondisi runway sudah 98 persen untuk panjang 2.250 meter.  Tinggal penanaman sedikit rumput di bahu bandara yang sebelumnya mengalami penurunan. Hari ini, tim kita kembali ke lapangan untuk melihat kondisi lapangan bersama tim Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura I," kata Ichwansyah usai memimpin rapat bersama jajaran Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura I di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (8/10).

sementara Direktur Bandar Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti mengatakan pihaknya siap memberikan pendampingan operasional untuk pengecekan aspek tehnis baik di sisi darat maupun sisi udara sambil melanjutkan proses legal formal dari kerja sama yang saat ini sedang diupayakan.  

"Yang jelas kami siap memberikan pendampingan operasional agar bandara ini bisa diresmikan 25 Oktober mendatang. Kita optimis. Kita pun sepakat untuk  bergerak cepat dan terus berkomunikasi," kata Polana. 

Seusai rapat siang tadi, Senin (8/10), tim langsung bergerak ke Bandara APT Pranoto untuk melakukan pengecekan lapangan. Hasilnya, runway Bandara APT Pranoto benar-benar sudah mulus dan tinggal menanam sedikit rumput di bahu runway yang sebelumnya mengalami penurunan. (sul/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait