Bandara APT Pranoto Resmi Layani Penerbangan Domestik, Isran : Ini Hadiah Pak Awang Faroek dan Pak Achmad Amins

Peresmian penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara APT Pranoto Samarinda ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.(foto.syaifulhumasprov)

SAMARINDA - Mimpi itu akhirnya terwujud. Samarinda benar-benar memiliki bandara representatif yang bisa didarati pesawat bermesin boeing dengan rute penerbangan domestik dan rute internasional di masa depan. Inaugural flight Garuda Indonesia di Bandar Udara  Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT Pranoto) Samarinda, Selasa pagi (20/11/2018).

Dalam pandangan Gubernur Isran Noor merupakan hadiah istimewa dari kerja keras Gubernur Kaltim periode 2013-2018 Awang Faroek Ishak dan Walikota Samarinda periode 2000-2010, almarhum Achmad Amins untuk rakyat Kaltim khususnya warga Samarinda.

1b

"Berbagai tantangan dan hambatan dilewati para pemimpin sebelumnya, sehingga sekarang kita bisa menikmati dan merasakan manfaat dari perjuangan mereka. Ini merupakan hadiah istimewa dari Gubernur Awang Faroek Ishak dan Walikota Achmad Amins yang merintis pembangunan tersebut," kata Gubernur Isran Noor ketika peresmian penerbangan perdana Garuda Indonesia dari Bandara APT Pranoto Samarinda ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

Isran mengatakan semangat membangun yang dilakukan pemerintah sebelumnya tentu patut diapresiasi, meski tanpa dukungan APBN.

Hal ini adalah kenangan, bagaimana semangat pemerintah untuk membangun pelayanan transportasi udara untuk masyarakat. Selanjutnya, ke depan Isran meminta agar APBN bisa membantu pengembangan bandara ini. 

1c

1z

"Jadi, semua itu perhatian dari pemerintah daerah kepada masyarakat. Selanjutnya, tinggal Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan membantu mengembangkan bandara ini, agar semakin maju," jelasnya.

Bandara APT sekarang memiliki runway 2.250x45 meter. Ke depan, dengan adanya dukungan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan akan ditambah menjadi 2.500x45 meter. Dengan begitu penerbangan internasional juga akan bisa terlayani melalui bandara ini. "Sepanjang masyarakat Kaltim terus memberikan dukungan kepada pemerintah, tentu pembangunan tersebut akan terwujud sesuai harapan," jelasnya.(jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation