Bandara APT Pranoto Siap Layani Boeing 737-900 IR

Presiden Jokowi bersama Menteri dan Gubernur Isran Noor ketika melihat terminal Bandara APT Pranoto. (seno/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Bandara APT Pranoto Samarinda diyakini bisa melayani penerbangan dengan pesawat berbadan besar jenis 737-800, bahkan 737-900 IR.  

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ketika peresmian Bandara APT Pranoto dan Maratua mengatakan, dengan panjang dan lebar runway 2.250x45 meter, maka pesawat boeing sudah bisa masuk melayani penerbangan komersial melalui bandara ini.

"Landasan sudah bagus dan cukup untuk Boeing 737 – 900 IR masuk di Bandara APT Pranoto," kata Menhub Budi Karya Sumadi  di terminal Bandara APT Pranoto Samarinda, Sungai Siring, Kamis (25/10).

Selain itu, Menhub Budi Karya Sumadi juga mengungkapkan Bandara APT Pranoto sudah memiliki terminal dengan luas 12.700 m2 meter persegi dengan kapasitas penumpang 1,5 juta pertahun. 

Terminal tersebut diyakini memiliki potensi untuk dikembangkan. Melihat potensi dan jumlah penduduk di Kaltim, khususnya Samarinda dan sekitarnya. "Kita harapkan bandara ini bisa melayani masyarakat maupun pendatang ke Samarinda dan sekitarnya. Sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin meningkat," jelasnya. 

Hingga saat ini, pengelolaan bandara akan lakukan oleh PT Angkasa Pura 1 (AP 1) dan tidak menutup kemungkinan juga adanya kerja sama dengan BUMD di Kaltim. Hal ini penting agar sinergi pusat dan daerah dalam pengembangan bandara ini berjalan baik. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation