Bandara Maratua Jadi Air Trip Gugusan Kepulauan Derawan

SAMARINDA- Bandara Maratua yang baru-baru ini diresmikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Kabupaten Berau diharapkan menjadi pusat transportasi udara bagi masyarakat atau Air Trip menuju Gugusan Derawan dan wilayah perbatasan dan pulau terluar di Kaltim.

Dengan Bandara tersebut pesawat jenis ATR bisa mendarat. Bandara ini, selain menunjang akses transportasi masyarakat juga pemerintah untuk mengetahui kondisi dan perkembangan pembangunan di wilayah tersebut.

“Bandara ini diharapkan menjadi Air Trip wilayah kita yang terluar. Artinya, pesawat-pesawat kecil bisa masuk di sana. Ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah atau para wisatawan di Indonesia untuk mengunjungi atau berlibur di wilayah Gugusan Derawan di Kabupaten Berau,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim HM Aswin di Samarinda, Senin (7/10).

Dengan terbangunnya bandara ini, diharapkan ada rute atau jadwal tetap yang diberikan masing-masing maskapai penerbangan. Adanya penerbangan yang tetap diharapkan ekonomi masyarakat di wilayah Gugusan Derawan meningkat.

Bahkan, presentase kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara (Wisnu dan Wisman) diharapkan semakin meningkat. Seiring perkembangan pembangunan infrastruktur yang semakin baik.

“Manfaatnya jelas, yakni dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut. Karena kita ketahui di wilayah ini terdapat beberapa kepulauan yang menjadi obyek wisata andalan di Berau, yakni Pulau Kakaban, Maratua, Sangalaki dan Derawan serta Labuan Cermin. Diharapkan dengan kondisi ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, peresmian Bandara Maratua juga bersamaan dengan peresmian dan groundbreaking berbagai proyek di Kabupaten Berau, yakni Dermaga Semurut, peningkatan jalan luar Kota Kecamatan Gunung Tabur, turap Gunung Tabur dan Sambaliung.

Selain itu juga  instalasi pengelolaan air di Kecamatan Segah, Biatan, Maratua, Akademi Komunitas Berau, SMK Perikanan Tanjung Batu, Rumah Sakit Pratama di Talisayan, pembangunan Puskesmas Suaran Kecamatan Sambaliung, Gedung Perpustakaan, Kantor Dinas Tenaga Kerja, Kantor Arsip Berau.

Selanjutnya  pembangunan PLTU 2x10 MW PT Supra Bara Energi di Teluk Bayur, pembangunan PLTU 2x10 MW PT Tunggal Mandiri di Gunung Tabur, pembangunan PLTU 2x3 MW PT Usaha Bangun Bersama Gunung Tabur, pembangunan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) di Kecamatan Maratua, Segah dan Talisayan.

Sedangkan empat proyek yang digroundbreaking, yakni pembangunan Terminal Penumpang Bandara Maratua, PLTU LATI Unit IV Gunung Tabur, pembangunan jalan Gurimbang-Sukan di Sambaliung, SMA Unggulan di Sambaliung.(jay/es/Humasprov).

///FOTO : Mendagri Tjahjo Kumolo menandatangani prasasti sejumlah proyek di Kabupaten Berau yang salah satunya adalah Bandara Maratua.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation