Bandiklat Baru Selenggarakan 12 Diklat Teknis

Bandiklat Baru Selenggarakan 12 Diklat Teknis

 

SAMARINDA – Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kaltim H Syafruddin Pernyata menyebutkan Kaltim sudah menyelenggarakan 12 jenis diklat (pendidikan dan pelatihan) dari 150 macam atau jenis diklat teknis.

“Kita baru mampu menyelenggarakan 12 jenis diklat teknis. Padahal, ada sekitar 150 jenis diklat teknis yang dapat dilaksanakan guna peningkatan sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemprov Kaltim,” kata Syafruddin Pernyata.

 Menurut Syafruddin, walaupun baru diselenggarakan 12 jenis diklat namun kegiatan atau pola diklat teknis ini cukup membantu dalam mendukung peningkatan kemampuan dan wawasan serta keterampilan dan kompetensi ASN lingkup Pemprov Kaltim.

Utamanya, diklat teknis yang diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan dalam upaya ketersediaan aparatur yang berkompetensi dibidangnya. Sebab, sejak awal rekrut PNS itu belum memiliki bahkan mengerti kinerja dalam pemerintahan.

Karenanya, melalui diklat teknis yang diselenggarakan Badan Diklat Kaltim akan mampu menambah bahkan meningkatkan kemampuan aparatur dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai kewajibannya.

Adapun 12 diklat teknis terkait diklat teknis umum, administrasi dan manajemen antara lain diklat bendaharawan, diklat pengadaan barang dan jasa, diklat analisa jabatan serta diklat  kehumasan dan keprotokolan.

Diklat-diklat teknis yang diselenggarakan Badan Diklat selama ini menurut Syafruddin, telah mampu mendukung terciptanya aparatur yang berkompetensi sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain itu, kemampuan dan pengetahuan serta keterampilan aparatur setiap saat perlu terus ditingkatkan sebagai bekal dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat sehingga citra pemerintahan akan semakin baik di mata rakyat.

“Memang belum ideal jumlah diklat teknis yang kami selenggaraklan. Namun, paling tidak secara bertahap akan tersu ditingkatkan dan ditambah sesuai kebutuhan. Diklat teknis yang telah dilaksanakan ini ternyata cukup membantu dalam meningkatkan kemampuan para aparatur sehingga tercipta tatakelola pemerintah yang baik,” ujar Syafruddin Pernyata.(yans/hmsprov)

Berita Terkait