Bandiklat Kembangkan Perpustakaan Berbasis IT

Bandiklat Kembangkan Perpustakaan Berbasis IT

SAMARINDA – Bekerjasama dengan Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim, Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kaltim mengembangkan perpustakaan berbasis informasi teknologi guna menyediakan bahan bacaan bagi peserta diklat.

“Guna mendukung kegiatan kediklatan serta kemudahan bagi peserta diklat mendapatkan literatur sekaligus referensi bahan bacaan, maka kami didukung badan perpustakaan daerah mengembangkan perpustakaan berbasis IT,” kata Kepala Badan Diklat Kaltim H Syarifuddin Pernyata didampingi Kepala Subbid Teknologi Kediklatan Surasa, Jumat (14/3).

Khusus koleksi perpustakaan berupa buku bacaan sebanyak 5.000 eksampler atau 2.700 judul terdiri yang merupakan hasil bahan-bahan penulisan peserta diklat diharapkan dapat membantu peserta diklat untuk mendapatkan bahan bacaan selama mengikuti diklat.

Koleksi atau buku-buku yang tersedia terdiri dari buku bacaan umum serta buku-buku yang berisikan materi-materi tentang kediklatan pra jabatan, diklat kepemimpianan maupun diklat teknis  fungsional.

Sebagian besar buku-buku yang tersedia selain buku bacaan umum yang berisikan materi diklat juga buku-buku yang merupakan hasil karya peserta diklat berupa  kertas kerja  kelompok, kertas kerja perorangan dan kertas kerja angkatan diklat Pim tingkat III dan IV.

Sementara untuk pengembangan perpustakaan berbasis IT akan segera difungsikan, namun masih menunggu pemasangan jaringan MY SPISIS dari Badan Perpustakaan Daerah sehingga dapat digunakan peserta diklat baik yang berada di lingkup Bandiklat maupun di luar Bandiklat.

Ketersediaan  buku-buku dan bahan bacaan akan terus ditambah jumlah koleksi buku manual maupun pengembangan secara online yang terbuka dan murah serta cepat bagi peserta diklat maupun secara umum.

“Kedepannya nanti,  bagi peserta diklat di dalam Badan Diklat Kaltim maupun diluar baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota  dapat mengakses perpustakaan dan catalog ini secara online, khususnya dalam mendapatkan bahan-bahan referensi mendukung peserta daalm mengikuti diklat,” harap Syafrudin Pernyata. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation