Kalimantan Timur
Bangga Perajin Muda

Foto (YUVITA/ADPIMPROV KALTIM)

Ketua Dekranasda Kaltim Hj  Norbaiti Isran Noor mengaku sangat gembira karena saat ini telah lahir banyak generasi muda yang menjadi  perajin produk kreatif.

 

Menurutnya, ketertarikan generasi muda untuk menjadi perajin akan semakin memperkaya kreativitas berbagai produk kerajinan asal Kaltim.

 

"Perajin sekarang bukan hanya yang tua-tua. Yang muda-muda sekarang banyak. Saya sangat gembira. Artinya berbagai produk kerajinan kita akan tetap lestari dan lebih kreatif," kata Norbaiti pada penyerahan piala dan penghargaan Dekranasda Kaltim Award 2021 dan Cerita Wastra Kaltim di Atrium Big Mall Samarinda, Sabtu (25/9/2021).

 

Terpenting kata Norbaiti, para pemenang dari lomba-lomba ini bisa terus dibantu untuk mempromosikan hasil-hasil karya mereka. 

 

"Jadi tidak berarti setelah juara lalu selesai. Produk-produk jawara itu harus dapat dibantu  dipasarkan, baik di dalam  maupun luar negeri  atau ekspor," tambah Norbaiti.

 

Para perajin juga harus dapat selalu menjaga kualitasnya dan kontinuitas produk. 

 

Dia juga mengingatkan agar para perajin lebih jeli memanfaatkan e-katalog  agar dapat  melakukan transaksi digital, bekerja sama dengan Bank Indonesia dan perbankan.

 

Istri Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor ini juga berpesan agar Dekranasda di semua kabupaten dan kota harus mampu menjadi pengayom bagi semua perajin di daerah agar karya seni budaya Kaltim tetap lestari dan bisa menghasilkan pendapatan bagi masyarakat.

 

Tahun ini ada tiga kategori yang dilombakan yakni kategori motif batik yang dimenangi oleh  Batik Tulis Motif Penyu Pandubara dari Mohammad Shodik (Dekranasda Kabupaten Berau).

 

Kategori Serat Alam dijuarai  oleh Interiornya Dekor Miniatur Ulap Doyo dari Batik Tenun Vi Ida R dari Dekranasda Kota Balikpapan.

 

Dan kategori Kayu dimenangkan oleh Tempat Alquran dari Picaso Mandiri Borneo dari Dekranasda Kota Balikpapan.

 

Sedangkan untuk Lomba Cerita Wastra Kaltim diikuti 120  peserta dari semua daerah di Kaltim dan dimenangi oleh peserta dari Kota Bontang.

 

Acara juga dihadiri Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor. (sul/adpimprov kaltim)

Berita Terkait