Bangkitkan Patriotisme Generasi Muda

SAMARINDA- Pada era globalisasi ini nilai-nilai kebangsaan mulai luntur bahkan sebagian pemuda sebagai generasi penerus bangsa ada yang tidak hafal  lagu-lagu kebangsaann maupun lagu-lagu patriotik negerinya sendiri.
"Sepertinya sebagian  pemuda kita saat ini semangat patriotismenya sudah mulai menurun. Kita tidak perlu mencari siapa yang salah, sebab yang terpenting adalah mencari jalan keluar untuk memupuk kembali semangat patriotisme kebangsaan  para pemuda kita," kata Staf Ahli Gubernur Bidang SDM  dan Pencapaian MDG's Dwi Nugroho Hidayanto di Samarinda baru-baru ini.  
Dia mengatakan, dahulu sebelum pelajaran dimulai para  murid mulai TK, SD, SMP hingga SLTA, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, sehingga dalam sanubarinya terus berkobar semangat patriotisme serta mampu meningkatkan  motivasi untuk belajar.
"Perlu digalakan kembali lagu-lagu perjuangan bagi  pelajar sehingga hasil karya para pahlawan tetap dikenang. Ini penting agar para pelajar tidak melupakan sejarah," ujarnya.              
Lagu kebangsaan karya para pahlawan memiliki semangat patriotisme dan dibuat dengan pengorbanan jiwa melawan penjajah, sehingga sepantasnya generasi muda  meneruskan perjuangan mereka. Berjuang bukan harus berperang, tetapi bagaimana mendukung proses pembangunan di segala bidang.  Memaknai cinta tanah air lanjut Dwi, tidak harus dilakukan dengan sesuatu yang rumit dan sulit.
Tugas para pemuda adalah mengisi kemerdekaan dengan rasa cinta tanah air. Hal ini dapat diwujudkan dari hal kecil, seperti rasa peduli terhadap lingkungan, tidak menilai orang berdasarkan agama atau sukunya, mencintai produk dalam negeri, dan sebagainya. Gerakan ini bisa dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat. (sar/hmsprov)
 

Berita Terkait