Bangun dan Cetak SDM Berkualitas

 Pemprov Kaltim Perlu Dukungan Seluruh Pihak

SAMARINDA–Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengungkapkan Pemprov Kaltim dengan Visi Kaltim Maju 2018 dan dalam prioritas pembangunannya menekankan pada upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM), khususnya di sektor pendidikan, olahraga, kesehatan dan agama.

Namun, lanjut dia, untuk merealisasikan, pemerintah tentunya tidak mungkin bekerja sendiri, melainkan sangat memerlukan adanya dukungan semua pihak dan masyarakat luas. Untuk itu, kepada seluruh pihak dapat melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap generasi muda dilingkungannya masing-masing.

“Karena, tantangan masa depan yang bakal dihadapi cukup berat sehingga diperlukan kreativitas, inovasi dan pikiran-pikiran cemerlang agar generasi muda kita tidak tersisih dalam persaingan dan hanya menjadi penonton di tengah maraknya geliat pembangunan yang sedang giat-giatnya kita laksanakan dalam era otonomi daerah ini,” kata Mukmin beberapa waktu lalu.

Mukmin meminta agar semangat pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan SDM juga dapat diiringi dengan semangat setiap masyarakat Kaltim, khusus generasi muda untuk terus membangun, meningkatkan dan membenahi kualitas SDM masing-masing.

Apalagi, sejak 2009 lalu, Pemprov Kaltim telah menjalankan program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang diperuntukkan bagi putra-putri Kaltim yang menempuh pendidikan di dalam daerah, luar daerah bahkan luar negeri tanpa terkecuali sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

“Jumlah penerimanya sudah ratusan ribu, dan sudah sangat banyak lulusan yang dihasilkan. Kita ingin mereka yang sudah lulus diinventarisir, untuk kemudian kembali ke daerah dan mengabdi untuk Kaltim. Karena, kemampuan mereka sangat dibutuhkan untuk memajukan daerah,” pintanya.

Untuk itu, Mukmin berharap di setiap jenjang pendidikan, baik pelajar maupun mahasiswa harus belajar segiat mungkin untuk meraih prestasi akademik. Selain juga di setiap sekolah maupun perguruan tinggi dapat membekali pelajar dan mahasiswanya dengan pengetahuan, keterampilan dan keahliankhusus.

“Karena mereka merupakan generasi masa depan Kaltim yang diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan jaman, serta memajukan dan mengangkat harkat serta martabat agama, masyarakat dan bangsanya,” harapnya. (her/hmsprov)

//Foto: HARAPAN ORANG TUA. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama orang tua penerima beasiswa dalam suatu pertemuan di halaman Kantor Gubernur Kaltim. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait