Bangun Gudang Raskin

Juga Workshop dan Penataan Kios Pasar.
 
KUTAI BARAT-Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM memberikan bantuan untuk pembangunan Gudang Beras Miskin (Raskin), Workshop Kerajinan dan bantuan pembangunan kios pasar.  Untuk gudang Raskin dibangun di Kecamatan Ngenyan, sedangkan Workshop Kerajinan dan penataan kios pasar terletak di Kecamatan Ligang Bigung.   
Kepala Disperindagkop Kaltim H. Mohammad Djailani mengatakan berbagai bantuan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat koperasi dan penguatan pedagang pasar yang merupakan pengusaha mikro kecil di Kutai Barat.
“Bantuan berasal dari dana APBD Kaltim dan Kementerian Perindagkop. Saat ini Kutai Barat belum memiliki gudang untuk beras raskin, workshop untuk barang-barang kerajinan dan makanan serta pasar-pasar tradisional yang masih kumuh,” ujarnya dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Program Pembangunan dan Pengembangan Koperasi UMKM di Sendawar, Kutai Barat, Rabu (4/9).
Nantinya, gudang Raskin akan menjadi cikal bakal gudang Bulog yang bertugas menyediakan stok beras atau membeli beras hasil panen petani masyarakat Kutai Barat  dan Mahakam Ulu.
Lanjut Djailani, di Kaltim saat ini yang telah memiliki Gudang Raskin dan Gudang Bulog adalah Kota Samarinda, Balikpapan, Tarakan dan Kabupaten Berau serta Penajam Paser Utara.
Sementara itu untuk penataan pasar Ligang Bigung yang selama ini dikelola secara tradisional dapat beralih menjadi kios-kios modern layaknya pasar trasdisional di kota lain di Kaltim.
Tujuan utama penataan pasar ini adalah untuk meningkatkan daya saing produk lokal Kutai Barat dan meningkatkan penjualan produk-produk luar Kutai Barat.
Sementara itu, Asisten II Pemkab Kutai Barat, Abed Nigo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diterima oleh Kutai Barat.  
Menurutnya, perekonomian masyarakat Kutai Barat terus tumbuh dan membutuhkan sarana untuk memasarkannya. Sehingga pembangunan Gudang Raskin, Workshop Kerajinan dan pembangunan kios-kios pasar sangat membantu percepatan ekonomi di kelas bawah. (yul/hmsprov)

//Foto: GUDANG RASKIN. Kepala Disperindagkop Kaltim H Mohammad Djailani meletakkan batu pembangunan gudang Raskin.(yuliawan/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait