Bangun Kaltim dengan Semangat Kepahlawanan

Bangun Kaltim dengan Semangat Kepahlawanan

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak seluruh komponen masyarakat dari berbagai kalangan elemen dan profesi di Kaltim untuk bersatu membangun Kaltim yang lebih baik.

"Dengan semangat kepahlawanan, mari kita bersatu dan berjuang bersama membangun Kaltim. Mari kita berjuang bersama tanpa saling hujat menghujat tanpa saling menyalahkan satu sama lain," kata Awang usai Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-70 dan Ziarah Nasional di Taman Makan Pahlawan Kusuma Bangsa Samarinda, Selasa (10/11).

Awang menyampaikan, cita-cita dan perjuangan para pendiri bangsa dalam mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah menjadi suatu kewajiban bagi semua elemen bangsa untuk meneruskan apa yang telah diwariskan itu.

"Kita tidak boleh mengkhianati cita-cita pahlawan kita. Kita berkewajiban meneruskan yang telah diwariskan oleh para pahlawan dan pendiri bangsa ini. Mari kita perkokoh persatuan dan kesatuan," katanya.

Dia juga mengajak berbagai elemen bangsa untuk merenungkan langkah besar para pendiri bangsa yang telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar negara atau sebagai ideologi pemersatu bangsa juga sebagai spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara.

"Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu di diseminasikan atau disebar luaskan kepada seluruh rakyat indonesia untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini," katanya.

Lebih lanjut, Gubernur menyampaikan, peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera.

"Selain itu, juga sebagai momentum menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial," katanya.

Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema "Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Makna dari tema itu yakni untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Pada peringatan Hari Pahlawan ini, Gubernur bersama jajaran dari pemerintah provinsi Kaltim dan jajaran dari TNI dan polri melakukan peletakan karangan buang dan melaksanakan tabur bunga di makam para pahlawan.

Gubernur juga berziarah ke makam kakak kandungnya yakni Awang Sabran yang gugur dalam kecelakaan speed boat saat menjalankan tugas negara pada tahun 1971. Selain itu, Awang juga melakukan tabur bunga di makam Mantan Gubernur Kaltim HM Ardans dan ke makam para pahlawan lainnya. (rus/hmsporv)

//Foto: SPIRIT BANGSA. Gubernur Awang Faroek Ishak menaburkan bunga ke makam pahlawan. (johan/humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait