Bangun Kebersamaan untuk Turunkan Angka Pengagguran

Serah Terima Kepala Disnakertrans Kaltim

SAMARINDA – Kaltim, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi terus berupaya untuk menyukseskan berbagai program keternagakerjaan di daerah ini. Diantaranya dengan menggelar berbagai kegiatan yang berdampak pada terbukanya lapangan kerja baru serta mempertemukan pencari kerja dengan dan perusahaan yang membutuhkan pekerja.

Hal itu disampaikan mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, H Ichwansyah saat melakukan serah terima jabatan dengan mantan Kepala Dinas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltim, HM Djailani di Samarinda, Selasa.

Jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim resmi diserahterimakan dari pejabat sebelumnya, Ir H Ichwansyah kepada HM Djailani. Ichwansyah akan memimpin Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltim, yang sebelumnya ditempati HM Djailani.

 Dalam kesempatan itu, Ichwansyah yang telah memimpin Disnakertrans Kaltim dalam kurun waktu 5 tahun 6 bulan dan 4 hari tersebut mengatakan, selama masa kepemimpinannya terdapat sejumlah keberhasilan program yang pantas dilanjutkan.

Diantaranya, sukses penerapan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3), pelaksanaan Job Market Fair (JMF)  atau bursa pasar kerja dan revitalisasi Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) hingga melahirkan tenaga-tenaga kerja terampil, berkualitas dan berdaya saing.

"Tugas ini cukup berat. Tapi dengan kerja keras dan kebersamaan seluruh jajaran, semua bisa kita lewati dengan baik.  Pada 2008 angka pengangguran masih berada pada posisi 11,11 persen, sementara pada akhir 2013, pengangguran terbuka mampu kita turunkan hingga 8,04 persen," kata Ichwansyah.

Selain itu, sosialisasi dan kampanye untuk penerapan K3 di perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kaltim juga dinilai sangat berhasil. Hal itu setidaknya terlihat dari minimnya jumlah kecelakaan kerja di Kaltim sepanjang beberapa tahun terakhir ini.

"Kehormatan lain bagi kita karena Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar yang memimpin upacara peringatan Hari K3 di Samarinda, beberapa waktu lalu," ujar Ichwansyah.

Program lain yang menurut Ichwansyah patut dilanjutkan adalah penyelenggaraan JMF atau bursa pasar kerja. Inisiatif untuk mempertemukan para pencari kerja dan calon pemberi kerja (perusahaan), menurut Ichwansyah sangat efektif untuk membantu mengurangi angka pengangguran.

Penyelenggaraan JMF selama ini masih dipusatkan di Samarinda, Bontang, Balikpapan dan Tarakan. Dia berharap, daerah-daerah lain juga mengambil inisiatif untuk menggelar JMF sehingga akan lebih banyak kesempatan kerja yang bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja.

Program lain yang juga sangat efektif membantu menekan angka pengangguran adalah penciptaan wirausahawan-wirausahawan baru produktif yang dikembangkan melalui UPTD Pengembangan Produktivitas Daerah (PPD). Sedangkan revitalisasi UPTD BLKI Balikpapan dan Bontang sangat membantu para pencari kerja untuk meningkatkan keahlian sesuai kebutuhan pasar kerja. Bahkan lulusan BLKI, umumnya sudah ditunggu oleh perusahaan-perusahaan industri besar yang siap membayar mereka dengan gaji tinggi.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kaltim yang baru, HM Djailani menyatakan siap melanjutkan program-program positif yang dilaksanakan semasa kepemimpinan H Ichwansyah. "Tidak ada kata akhir, semua program positif akan kita lanjutkan. Saya akan berusaha melakukan yang terbaik untuk ketenagakerjaan dan ketransmigrasian," kata Djailani.

Dia sangat sependapat, tugas berat ini akan sukses dituntaskan dengan kebersamaan dan sinergitas di lingkup internal dan mitra-mitra kerja eksternal. "Satu hal yang harus kita pahami bersama adalah bahwa keberhasilan kita ke depan adalah tanggung jawab kita bersama. Saya yakin kita mampu meneruskan ini dengan baik demi Kalimantan Timur yang lebih baik ke depan," pungkas Djailani.

Acara yang dirangkai dengan serah terima kepengurusan Darma Wanita Persatuan Disnakertrans Kaltim itu dihadiri seluruh pejabat eselon III dan IV serta para pegawai di lingkungan Disnakertrans Kaltim. (sul/es/hmsprov)

///FOTO : Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim Ir H Ichwansyah dan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltim HM Djailani masing-masing didampingi istri pada Sertijab, kemarin.(samsul/humasprov)

 

Berita Terkait