Bangun Nasionalisme Generasi Muda

* Biro Sosial Pemprov Jabar Kunker ke Kaltim.  

 

SAMARINDA -  Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan merupakan bangsa yang memiliki jati diri dan mampu meneruskan pembangunan nasional.

“Dasar tersebut menjadi tujuan kunjungan kerja kami ke Kaltim”, kata Drs H Dadi Supriadi, MPD, pimpinan rombongan Biro Sosial Pemprov Jawa Barat, saat kunjungan kerja ke Sekretariat Provinsi Kaltim, Kamis (14/2). 

Lebih lanjut Dadi menjelaskan, pada era globalisasi sekarang ini, semangat nasionalisme generasi muda sudah kian menipis. Arus informasi yang begitu deras menjadikan masyarakat kehilangan identitas sebagai bangsa yang memiliki sejarah.

“Semua yang kita peroleh sekarang tidak bisa dilepaskan  dari perjuangan para pahlawan. Maka sudah selayaknya  kita  menghargai jasa-jasa mereka dengan kontribusi nyata dalam   pembangunan,” sambungnya.

Seperti diketahui,  kerajaan pertama di Indonesia berdiri di Kaltim, yakni Kerajaan Kutai. Setelah itu, perjuangan merebut kemerdekaan juga dilanjutkan oleh para pejuang di Kaltim. Maka jelaslah bahwa hasil pembangunan yang bisa dinikmati saat ini dan nanti, tidak lepas dari  perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

Rombongan Pemprov Jawa Barat ini diterima Sekretaris Badan Kesbangpol Kaltim,  Drs H Syarifudin Rusli di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (14/12). Turut hadir para pejabat dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Kaltim. 

Syarifudin Rusli menjelaskan, selama ini Pemprov Kaltim rutin memberikan santunan kepada para veteran dan pejuang kemerdekaan dalam bentuk hibah yang disalurkan melalui yayasan veteran.

Biasanya santunan diserahkan pada HUT Kemerdekaan RI ataupun Hari Raya Idul Fitri. “Pada waktu-waktu tertentu, Gubernur seringkali mengundang mengundang para pejuang dan veteran untuk bersilaturahmi dan berbagi cerita,”  jelas Syarifudin.

Pada acara-acara khusus seperti perayaan HUT Kemerdekaan ataupun HUT Pemprov Kaltim,  mantan pejuang dan para veteran  juga selalu diundang. (ky/hmsprov).

Foto: Pimpinan rombongan Biro Sosial Pemprov Jawa Barat Drs H Dadi Supriadi, MPD (kiri) menerima cinderamata dari Sekretaris Badan Kesbangpol Kaltim  Drs H Syarifudin Rusli. (johan/humasprov kaltim)

Berita Terkait