Bangun Transportasi yang Lebih Baik

Peringatan HUT Perhubungan 2013

SAMARINDA- Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy mengemukakan, bahwa pemerintah baik Pusat maupun Daerah siap membangun atau menyediakan transportasi yang baik bagi masyarakat. Transportasi yang aman, nyaman dan menjamin keselamatan pengguna jasa transportasi.    
Transportasi merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat.   Karena itu, melalui momentum Hari Perhubungan Nasional 2013 diharapkan dapat dilakukan perbaikan, di berbagai bidang terkait.   
“Perlu sinergitas antara pembangunan transportasi dengan penyediaan infrastruktur, khususnya jalan.  Saya berharap, seluruh jajaran perhubungan, baik pusat dan daerah dapat memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk hal ini,”  kata Farid Wadjdy usai memimpin peringatan Hari Perhubungan Nasional 2013 di Samarinda, Selasa (17/9).
Menurut dia, pemerintah diharapkan dapat terus membangun dan meningkatkan  kualitas dan kuantitas pembangunan infrastruktur yang mendukung kelancaran transportasi. Apalagi, sesuai arahan Menteri Perhubungan EE Mangindaan, bahwa pembangunan transportasi juga tidak lepas dari dukungan pengembangan penataan kota di setiap daerah.    
“Saat ini penambahan kendaraan di Kaltim terus terjadi, maka wajar jika peningkatan kualitas sarana dan prasarana transportasi ini harus dibangun. Infrastruktur jalan kita masih terbatas, sehingga perlu terus ditingkatkan,” tegasnya.  
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim H Zairin Zain mengatakan, sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan, pemerintah di daerah diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat.  
“Guna memberikan pelayanan yang baik, maka Pemprov Kaltim melalui Dinas Perhubungan akan menambah beberapa fasilitas untuk pelayanan transportasi, baik udara, darat dan laut. Kita akan lakukan penataan kembali, sehingga pelayanan transportasi bagi masyarakat dapat terwujud lebih baik,”  ujar Zairin.  
Saat ini terus terjadi peningkatan jumlah angkutan, baik angkutan kota dan taxi argo. Sebab itu, sarana dan prasarana pendukung harus segera dibangun. Misal, Pemprov Kaltim akan menambah beberapa terminal, pelabuhan, baik peri dan dermaga-dermaga hingga bandara.  
Koordinasi yang lebih baik juga penting dilakukan untuk menyiapkan infrastruktur jalan melalui koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum. Dengan demikian, diharapkan permasalahan transportasi dapat ditangani lebih.  
“Penanganan itu terus kami lakukan. Kami berharap masyarakat dapat memahami apa yang telah dilaksanakan pemerintah di daerah,” jelasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Wagub Farid Wadjdy juga sempat melakukan pemotongan tumpeng menandakan rasa syukur terhadap HUT Perhubungan Nasional 2013.
Memeriahkan HUT Perhubungan Nasional kali ini, Dharma Wanita Dinas Perhubungan Kaltim juga menggelar lomba tumpeng. Acara ini juga dihadiri Ketua Dharma Wanita Dinas Perhubungan Kaltim Hartami Zairin Zain. (jay/hmsprov)

//Foto: HARHUBNAS. Wagub Kaltim H Farid Wadjdy memotong nasi tumpeng pada peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2013. (jaya/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait