Bangunan ITK resmi diserahterimakan Tahun Ini Mulai Perkuliahan di Balikpapan

Bangunan ITK resmi diserahterimakan Tahun Ini Mulai Perkuliahan di Balikpapan 

 

BALIKPAPAN - Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) akan segera melaksanakan kegiatan perkuliahan di kampus Karang Joang Km 13 Balikpapan mulai semester gasal tahun akademik 2015/2016. Persisnya sejak awal Agustus mendatang. Persiapan operasional kampus semakin terlihat ditandai dengan diserahterimakannya  gedung kuliah dari ITS ke ITK.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim H Rusmadi mengatakan serah terima gedung perkuliahan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dari Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) merupakan langkah yang baik bagi kelangsungan kegiatan pendidikan bagi ITK, saat sekarang dan selanjutnya.

"Pemprov Kaltim memberikan  apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan, ITS, Pemkot Balikpapan dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dan partisipasi untuk pendirian ITK di Balikpapan ini," kata Rusmadi yang mewakili Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada acara serah terima barang milik negara antara ITS dan ITK yang dilaksanakan di Kampus ITK Balikpapan, Kamis (26/3).

Ditambahkan, dalam perjalanannya, baik pembangunan  maupun perkuliahan tidak mengalami kendala berarti. Sekalipun ada, semua masalah dapat diatasi dengan baik. ITK saat ini membuka 10 fakultas yaitu Fakultas Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Perkapalan, Fisika,  Matematika, Teknik Material dan Metalurgi, Sistem Informasi serta Perencanaan Wilayah dan Kota.

"Awalnya bermasalah terkait penyediaan lahan.  Lahan yang direncanakan seluas 300 hektare, baru terialisasi  seluas 57,95 hektare. Jadi masih ada sisa  seluas 240 hektare.  Namun saat ini proses pembebasan lahan terus berjalan. Sedangkan  gedung perkuliahan akan dibangun seluas 1600 m2 dengan 4 lantai dilengkapi 26 ruang perkuliahan," beber Rusmadi.    

Untuk melengkapi sarana dan prasarana  kampus, maka jalan masuk ke ITK juga telah dibangun sepanjang 750 meter melalui APBD Kota Balikpapan. Jaringan listrik dan air pun telah tersambung.

"Kita berharap semua sarana dan prasarana, fasiltas peralatan, tenaga pengajar dan keperluan untuk mendukung manajemen perkuliahan, semua terpenuhi, sehingga kedepan operasionalisasi ITK dapat berjalan secara maksimal dengan melahirkan para serjana yang handal, berkulitas dan profesional di bidangnya masing-masing," harap Rusmadi.

Sementara Rektor ITK  Prof. Dr  Sulistijono.mengatakan, acara penyerahan gedung ITK, diharapkan menjadi momentum perjalanan  tugas pokok dan fungsi ITK dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, setelah resmi ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri  pada awal Oktober 2014.

Meski infrastruktur  kampus belum lengkap, namun diharapkan serah terima gedung ini dapat membangkitkan semangat semua pihak yang berkaitan langsung dengan proses pendirian ITK.

"Diharpkan serah terima ini  menjadi bagian penting dalam upaya mendorong perkembangan pendidikan tinggi teknik di Kalimantan, khususnya di Kaltim," kata Sulistijono.

Sedangkan Rektor ITS Tri Yogi Yuwono berharap ITK dapat berkembang menjadi PTN yang berkualitas  sesuai visinya menjadi perguruan tinggi unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pembangunan, energi dan lingkungan. ITK harus mampu melakukan akselerasi dalam upayanya mewujudkan keinginan menghasilkan lulusan berkualitas melalui proses pendidikan dan melakukan  terobosan baru.

"ITK harus bisa sejajar dengan perguruan tinggi negeri yang telah maju, jika perlu  segera melebihi ITS sebagai inisiator pendirinya," kata Tri Yogi Yuwono.

Penandatanganan serah terima barang milik negera antara Rektor ITS Tri Yogi Yuwono dengan Rektor ITK Sulistijono disaksikan Plt Sekprov Kaltim Rusmadi, Sekretaris Kota Balikpapan Sayid Fadli dirangkai dengan peninjauan kampus ITK. (mar/sul/hmsprov)

Foto : Plt Sekprov Kaltim Rusmadi menyaksikan penandatanganan serah terima barang milik negara berupa bangunan ITK antara Rektor ITS dan Rektor ITK. Tahun ini perkuliahan sudah bisa dilakukan di Balikpapan. (umar/humasprov)

 

Berita Terkait
BERITA FOTO
BERITA FOTO

07 April 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Sebatik Prioritas Jadi Kota
Sebatik Prioritas Jadi Kota

04 Juli 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

BERITA FOTO
BERITA FOTO

28 April 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

22 September 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation