Bank Jangan Takut Pinjami Pelaku Usaha

SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menegaskan lembaga perbankan agar tidak perlu takut memberikan pinjaman atau kredit bagi pelaku usaha di daerah.

“Bank jangan takut pinjami pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), petani/nelayan juga koperasi. Kami siap menjamin utang mereka,” kata Awang Faroek Ishak, baru-baru ini.

Dia menjelaskan pemerintah daerah dalam hal ini Pemprov Kaltim telah membentuk PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Kaltim .

Dimana, lembaga ini sebagai perusahaan daerah yang membidangi penjaminan bagi pelaku usaha guna memperoleh pembiayaan dari perbankan.

Diakui gubernur bahwa dasar pemerintah daerah membentuk PT Jamkrida karena selama ini banyak pelaku usaha yang kesulitan mengakses permodalan di lembaga perbankan. Sebab, tidak memiliki agunan untuk jaminan pinjaman kredit.

Karenanya, sejak terbentuknya  PT Jamkrida Kaltim diharapkan mampu membantu serta memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mengakses permodalan atau pembiayaan dari lembaga perbankan.

“Pemerintah melalui Jamkrida sudah siap menjamin pembiayaan yang diperlukan pelaku usaha. Karenanya, bank jangan ragu-ragu lagi meminjami kredit pelaku UMKM, koperasi maupun petani dan nelayan,” tegas Awang Faroek Ishak.

Dia menambahkan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim telah tersedia berbagai kredit bagi pelaku usaha dengan total dana tersedia mencapai Rp1,7 triliun.

Misalnya, pembiayaan untuk Kredit Ternak Sejahtera, Kredit Perikanan Sejahtera, Kredit Sawit Sejahtera, Kredit Pangan Sejahtera dan Kredit UKM Sejahtera.(yans/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation