Kalimantan Timur
Bantuan Alsintan

Ist

RANTAU PULUNG - Dalam upaya mendukung pengembangan tanaman pangan dan hortikultura, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa alat angkut (motor roda 3), pompa air, embung, dan rumah kompos.

 

Bantuan Alsintan diserahkan Kadis PTPH Kaltim Siti Farisyah Yana kepada UPT Balai Benih Induk Hortikultura Kecamatan Rantau Pulung, Rabu, 20 Januari 2020.

 

Penyerahan bantuan dirangkai panen perdana Pisang Kepok Varietas Grecek, penanaman Jahe Merah dan Kelengkeng dihadiri , Kepala UPT BBIH Kecamatan Rantau Pulung Katrina Bungan, Kepala UPTD BBITPH Davis Hendra, Kasi Pengembangan Hortikultura Amalia Dina Widyastuti dan Camat Rantau Pulung Mulyono.

 

Siti Farisyah Yana menuturkan perlu komitmen stakeholder di Kecamatan Rantau Pulung dalam tiga tahun kedepan untuk pengembangan berbagai komoditi lain.

 

"Setidaknya daerah harus memiliki cadangan pangan guna menjaga rawan pangan dan pencegahan stunting," kata Yana.

 

Selain itu, untuk meningkatkan nilai tambah petani, maka perlu adanya eksportir yang langsung dari Kutai Timur ke luar negeri 

 

Tidak kalah pentingnya, tambah Yana, untuk menetapkan lahan pertanian pangan untuk memastikan keberlanjutan kegiatan dan lahan pertanian.

 

"Perlu keberlanjutan kegiatan, terutama setelah mendapatkan bantuan dari pemerintah agar tidak terjadi pemborosan uang negara," harapnya. 

 

Kadis Pertanian dan Peternakan Kutim Sugiono mengungkapkan strategi pengembangan hortikultura dengan memaksimalkan komoditi sesuai potensi dan kondisi wilayah.

 

Sementara Kepala UPT BBIH Kecamatan Rantau Pulung Katrina Bungan mengatakan produksi benih pisang grecek 50 pohon pada tahun 2020 dan pihaknya telah mendapatkan bantuan motor roda tiga.(yans/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait