Bantuan Penanganan Corona Terus Mengalir


SAMARINDA - Mendukung pencegahan penyebaran wabah virus corona, bantuan ke Pemprov Kaltim melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Kaltim terus mengalir. Mulai bantuan alat mencuci tangan maupun masker.

 

Ketua Harian Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim H Nazrin mengatakan, hingga saat ini Pemerintah Provinsi Kaltim terus menerima bantuan dari perusahaan (swasta) maupun lembaga perbankan dalam percepatan penanganan Covid 19.

 

"Kita sudah buat beberapa persyaratan, bantuan bentuknya berupa uang, bisa langsung ditransfer ke bank yang sudah kita tetapkan. Jadi, bantuan hingga saat ini terus ada diterima melalui Satgas di Kantor BPBD," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah 

(BPBD) Kaltim Nazrin di Kantor BPBD Kaltim, Senin (13/4/2020).

 

Nazrin mengungkapkan bantuan selain bentuk uang juga alat mencuci tangan, masker, hand sanitizer, alat pelindung diri (APD) maupun cairan disinfektan. Ada juga bantuan logistik untuk petugas medis maupun pasien yang dikarantina atau isolasi.

 

"Jika masyarakat atau pengusaha ingin membantu, lebih baik bentuk barang saja. Karena, lebih cepat dimanfaatkan. Sedangkan kalau uang, tentu lambat kami merealisasikan. Karena, belum tentu barang yang diinginkan ada, sehingga memperlambat pendistribusian barang yang diinginkan. Kalau barang, pertanggungjawabannya lebih mudah dan aman," jelasnya.

 

Sebagai contoh, bantuan yang sudah diterima Satgas Provinsi, yaitu bantuan pencuci tangan atau wastafel sebanyak 25 unit dari Bank Mandiri.

 

Bantuan tersebut dipasang di tempat-tempat fasilitas umum yang diperkirakan masyarakat bisa memanfaatkannya dan aman dari penjarahan.(jay/yans/her/humasprovkaltim)  

Berita Terkait