Bapeltan Kaltim Intensif Bina P4S

SAMARINDA – Guna meningkatkan kemampuan dan wawasan serta keterampilan petani dan mitra binaan, Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Sempaja Samarinda intensif memberikan pembinaan bagi P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya).
Kepala UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda,  Hj Noor Hartati, dalam setiap tahun, terdapat lima angkatan dilakukan pembinaan berupa pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi pengelola, petani dan mitra binaan P4S di Kaltim.
Dalam setiap angkatan masing-masing satu P4S sebanyak 30 orang terdiri dari pengelola, petani dan mitra binaan. Berarti dalam setiap tahun tidak kurang 150 petani dan mitra binaan dari lima P4S di Kaltim mengikuti Diklat.
“Selama kurun waktu lima tahun sejak 2009-2013, setidaknya 750 petani dan mitra binaan P4S se-Kaltim yang dilatih,” ujar Noor Hartati didampingi Kasi Pengembangan Metedologi Pelatihan Pertanian Firdaus, Selasa (13/8).
Dijelaskan, diklat tersebut memiliki peran yang sangat strategis terutama bagi petani maupun mitra binaan yang tergabung dalam P4S. Khususnya, untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuan dalam pengelolaan budidaya pertanian.
Di Kaltim terdapat 44 P4S yang tersebar di 14 kabupaten dan kota (sekarang lima kabupaten/kota di Kalimantan Utara). Masing-masing di Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat tujuh P4S dan Samarinda dua P4S.
Semantara itu Balikpapan terdapat dua P4S dan Penajam Paser Utara serta Kabupaten Paser dan Malinau masing-masing sebanyak lima P4S. Kutai Barat terdapat dua P4S dan Kutai Timur tiga P4S serta Berau satu P4S.
Kabupaten Bulungan terdapat satu P4S dan Bontang sebanyak dua P4S serta Tarakan empat P4S. Kabupaten Tana Tidung terdapat satu P4S dan Nunukan  sebanyak empat P4S.(yans/hmsprov)  

Berita Terkait
Government Public Relation