Bapenda Genjot PAD Melalui Simpator, Pelayanan di Pedesaan dan Perbatasa

Launching Simpator

SAMARINDA - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Diantaranya, instansi itu melakukan terobosan dan inovasi guna mempermudah pembayaran pajak melalui aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pajak Kendaraan Bermotor (Simpator).

"Simpator merupakan terobosan dilakukan untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan di daerah," kata Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati di Kantor Bapenda, pekan lalu.

Disebutkannya, ada lima komponen pajak yaitu pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok. Khusus pajak kendaraan bermotor, lanjutnya Bapenda terus membuka pelayanan-pelayanan di desa-desa sampai di wilayah perbatasan.

Ismiati mengatakan 2019 ini Bapenda terus berupaya mengoptimalkan penerimaan PAD dengan membuat program strategis. "Sinergitas dengan kabupaten dan kota terkait pendataan jumlah kendaraansekitar 2,3 juta unit agar memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraannya," ungkapnya. (mar/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait