Bappeda Latih Operator SIPPD

BALIKPAPAN: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim menggelar bimbingan teknis Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) di Balikpapan, Kamis(7/3), yang bertujuan memberikan pemahaman dan peningkatan keterampilan operator SIPPD pada satuan kerja  baik di lingkup Pemprov Kaltim maupun kabupaten/kota.

Plh. Kepala Bappeda Kaltim, Joko Susilo Handono mengatakan, bimtek SIPPD merupakan rangkaian agenda penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dalam kaitan membekali pengetahuan operator yang akan melakukan input data pada SIPPD.

“Untuk SKPD di lingkup Pemprov Kaltim jadwal input data pada 7-13 Maret mendatang. Program dan kegiatan berpedoman pada rencana awal RKPD 2014,” kata Joko.

Nantinya, ujar dia, hasil ataupun output dalam SIPPD itu akan disandingkan dengan program/kegiatan rencana kerja SKPD dan kabupaten/kota. SKPD juga masih diberi ruang menambah program/kegiatan sepanjang sesuai dengan rencana awal RKPD 2014.

“Karena itu saya harapkan SKPD di lingkup Pemprov Kaltim, benar-benar serius dalam menyusun program sesuai jadwal yang telah ditentukan,” katanya.

Penyusunan RKPD 2014 merupakan masa transisi, karena pada tahun ini akan dilaksanakan pemilukada gubernur dan wakil, karena itu Penyusunan RKPD Tahun 2014 berpedoman kepada RPJPD Provinsi Kalimantan Timur tahun 2005-2025 tahap III (2014-2018).

“Kita mengambil tema penguatan daya saing ekonomi daerah berbasis sumber daya terbarukan didukung peningkatan manajemen sumber daya aparatur,” ujar Joko.

Kasubbag Perencanaan Program Surono mengatakan, saat ini Bappeda Kaltim berusaha melakukan integrasi antara SIPPD yang diaplikasikan sejak 2010 dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) yang juga digunakan di Kaltim.

“Memang masih ada kendala, tapi kami berharap integrasi ini akan semakin memudahkan kita, baik dari sisi perencanaan maupun manajemen,” pungkasnya. (gie/hmsprov)

Foto: Pembukaan acara pelatihan operator SIPPD. (soegi/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation