Bappenas Dukung Proyek MP3EI

SAMARINDA – Kementerian Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) sepenuhnya  mendukung  pengembangan dan pembangunan proyek-proyek yang masuk dalam program induk pembangunan nasional MP3EI (masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia) di Kaltim.
“Kalau berbicara konektifitas maka kami telah mendukung sepenuhnya MP3EI di koridor Kaltim khususnya berbagai proyek-proyek infrastruktur yang ada di daerah ini,” kata Wakil Menteri Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo saat berkunjung ke Maloy beberapa waktu lalu.
Bahkan lanjut Ketua Tim Pokja Konektivitas MP3EI ini, pihak kementerian terus mensupport terhadap berbagai hal yang diperlukan untuk dimasukkan untuk diusulkan dalam revisi list peraturan Presiden  proyek-proyek MP3EI di Kaltim.
Selain itu dalam menyukseskan program-program MP3EI di daerah maka diperlukan adanya langkah-langkah terobosan guna memecahkan the bottlenecking (permasalahan/kendala) yang dihadapi melalui regulasi.
Diantaranya, mendorong pihak swasta untuk ikut terlibat dalam berinvestasi guna mempercepat pencapaian pembangunan proyek-proyek MP3EI. Sebab, sebagian besar dana tersedia dari pihak  swasta.
Sementara itu dalam program konektivitas termasuk didalamnya masalah energi maka segera disampaikan kepada pihak BUMN (Badan Usaha Milik Negara) seperti PLN dan Kementerian ESDM guna memenuhi kecukupan tenaga listrik di daerah untuk keperluan masyarakat terlebih industry.
“Kita dalam Tim Pokja Konektivitas terus melakukan identifikasi berbagai permasalahan juga isu-isu baru yang dinilai akan menjadi kendala dalam penuntasan proyek-proyek MP3EI, selain terus beroordinasi dengan pihak kementerian dan lembaga terkait untuk segera mencarikan jalan keluarnya,” ungkap  Lukita Dinarsyah Tuwo.
Ditambahkan, penyelesaian proyek-proyek MP3EI di daerah sangat berhubungan erat dengan pencapaian kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat bahkan berkaitan langsung dengan peningkatan dan pertumbuhan ekonomi nasional.(yans/hmsprov)


 

Berita Terkait
Government Public Relation