Kalimantan Timur
Bara Tabang Sumbang 20 Ribu ART Covid-19

Dok.humaskaltim

SAMARINDA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim kembali menerima sumbangan berupa 20 ribu kit alat rapid test (ART). Bantuan datang dari PT Bara Tabang (BT). 

Bantuan secara simbolis diserahkan Direksi PT Bara Tabang, Leong Kim Wah. Gubernur Kaltim H Isran Noor menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian perusahaan tambang yang beroperasi di sekitar kawasan Tabang, Kutai Kartanegara tersebut.

"Ini  sangat berarti dan sangat memiliki nilai manfaat yang luar biasa. Apresiasi dan terima kasih dari kami,” kata Isran Noor saat memberi sambutan singkat, Jumat (5/6/2020).

Ditambahkan, bantuan ini merupakan wujud nyata dan komitmen perusahaan  untuk mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kaltim.

"Segera akan kami distribusikan secara proporsional  ke rumah sakit rujukan yang menangani Covid-19 di Kaltim," tegas Isran.

Sementara Leong Kim Wah mengatakan bantuan ini merupakan komitmen dan kontribusi nyata terhadap perusahaan mereka dalam upaya bersama menanggulangi pandemi Covid-19 di Kaltim.

“Ini bentuk kepedulian kami untuk masyarakat Kaltim," kata Leong Kim Wah.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan bantuan 20 ribu  ART ini sangat  luar biasa untuk membantu pemerintah dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Pengujian dengan ART, lanjut Andi Ishak akan mempercepat target isolasi dan karantina, sekaligus mempercepat waktu untuk mengetahui   konfimasi positif atau negatif, sehingga dengan cepat bisa memutus mata rantai  penularan Covid-19.

"Kalau ini tidak kita lakukan screening secara massal, dikwatirkan akan semakin banyak kasus penularan. Bantuan alat rapid test ini sangat berarti dalam percepatan penanggulangan Covid-19 di Kaltim," tegas Andi.

Persediaan alat rapid test, kata Andi Ishak saat ini tinggal hanya 900 pcs. Dengan bantuan 20 ribu alat rapid test dari PT Bara Tabang ini, maka persediaannya menjadi lebih aman.

Penyerahan bantuan disaksikan  Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kaltim HM Jauhar Effendi, Plt Kepala BPBD Kaltim Nazrin serta jajaran managemen PT Bara Tabang. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait