Baznas Harus Punya Program Unggulan

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak

SAMARINDA - Mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Kaltim, terutama kepada kaum duafa atau kurang mampu, ke depan diharapkan program yang dibangun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltim dapat memiliki program-program unggulan, sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Artinya, Baznas harus mampu memberdayakan zakat infaq dan shodaqoh (ZIS) yang telah diterima. Misal, program yang telah dilaksanakan zakat community development (ZCD) merupakan program pengembangan komunitas dengan mengintegrasikan aspek sosial, mulai pendidikan hingga pertanian dalam arti luas.

"Melalui program unggulan tersebut, diharapkan masyarakat bisa mandiri dan sejahtera. Walaupun pendanaan itu bersumber dari ZIS," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai penyaluran zakat kepada 1.000 mustahik di Pendopo Lamin Etam, Selasa (5/6).

Gubernur memuji, program unggulan yang selama ini dilaksanakan Baznas  cukup berhasil. Karena itu, diharapkan kreativitas Baznas dalam melaksanakan program unggulan sangat diperlukan. Misalnya pengembangan peternakan ayam potong dan sapi potong.

Karena itu, ke depan bagaimana Baznas juga bisa melakukan pendampingan kepada kelompok-kelompok mustahik maupun kaum duafa dalam pengembangan usaha yang dibangun Baznas.

"Kita harapkan melalui program unggulan yang dibangun, kesejahteraan rakyat semakin berkelanjutan dan mandiri. Dengan begitu, tidak ada lagi masyarakat yang tak mampu di masa akan datang," harapnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait