Baznas Salurkan Beasiswa Kepada 130 Pelajar dan Mahasiswa Kaltim

 

SAMARINDA-Pemprov Kaltim memberikan apresiasi tinggi kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  melalui  Baznas Kaltim atas kepedulian memberikan  beasiswa  kepada 130  pelajar dan mahasiswa Kaltim.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Dr Hj Meiliana mengatakan program beasiswa dari Baznas  perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang, karena pasti akan banyak pelajar dan mahasiswa yang memerlukannya.

Selama ini, Pemprov Kaltim rutin memberikan ribuan beasiswa melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dan Prestasi Gemilang) sejak 2009 lalu hingga saat ini. Beasiswa tersebut ditujukan kepada pelajar dan mahasiswa khususnya bagi anak yang berprestasi dan dari keluarga tidak mampu. Diakuinya, hingga saat ini masih banyak pelajar dan mahasiswa yang belum mendapatkannya.

"Karena itu, dukungan beasiswa dari Baznas Kaltim sangat pentirng dan manjadi harapan  para pelajar dan mahasiswa  yang belum mendapatkan beasiswa," kata Meiliana pada acara serah terima beasiswa  Baznas Kaltim kepada siswa SD, SMP, SMA dan mahasiswa Diploma dan SI Unmul Samarinda yang berlangsung di Ruang Auditorium Unmul Samarinda, Selasa (14/2).

Dikatakan zakat merupakan salah satu ibadah (fardu ain)  yang dalam ajaran agama Islam  memiliki dimensi sosial dan membentuk  hubungan horisontal sesama  umat (habluminannas) yang sangat tinggi.

"Zakat juga dapat berfungsi sebagai sarana perwujudan solidaritas sosial, pengetansan kemiskinan, pembiayaan  pendidikan, pertolomngan terhadap orang-orang yang menderita dan orang duafa serta kegiatan sosial dan untuk kemanusiaan lainnya," ujarnya.   

Sementara  Ketua Baznas  Provinsi Kaltim Dr H Fachrul Ghazi  mengatakan  penyerahan beasiswa Baznas Kaltim  untuk 130 penerima yang terdiri 30 siswa SD, 30 siswa SLTP, 30 siswa SLTA  dan 40 mahasiswa  Unmul Diploma dan S1.

Jumlah beasiswa yang dikucurkan  kurang lebih 700 juta lebih, masing-masing  untuk siswa SD  mendapat Rp 200 ribu/bulan setiap siswa,  tingkat  SMP mendapat Rp250 ribu/bulan setiap siswa, untuk tingkat  SMA mendapat Rp300 ribu rupiah/bulan setiap siswa dan  untuk  tingkat mahasiswa masing-masing mendapatkan Rp10 juta  untuk dua semester.

"Para penerima beasiswa tersebut hasil seleksi dari masing-masing kabupaten/kota, sementera untuk mahasiswa diberikan kepada mahasiswa Unmul Samarinda, baik untuk Diploma maupun untuk S1," kata Fachrul Ghazi. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation