Baznas Salurkan Rp2,8 M

SAMARINDA - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provisi Kaltim H Muhammad Rasyid mengatakan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dalam tahun 2013 dianggarkan Rp2.817.800.000. Realisasi sampai akhir Juni sebesar Rp1,234.430.000. Dari dana ini Baznas memiliki sejumlah prioritas penyaluran ke seluruh kabupaten/kota
"Penyaluran ini telah dikoordinasikan dengan Baznas Kabupaten/Kota agar tidak terjadi tumpang tindih penyaluran. Karena Baznas Kabupaten/Kota juga memiliki program tersendiri," ujarnya pada acara penyaluran zakat yang juga dihadiri Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provisi Kaltim, Rabu (24/7)
Adapun penyaluran zakat dan bantuan Baznas Provinsi kepada Kabupaten/Kota dalam tahun 2013-2014 diantaranya adalah bedah rumah miskin dan tidak layak huni di Kabupaten Kutai Timur dan pembagian Sembako bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Sedangkan di Kabupaten Berau dilaksanakan kegiatan membebaskan petani dari  sistem ijon dan rentenir dengan cara membeli hasil gabah petani dan di Kota Tarakan dilakukan pembinaan Pedagang Kali Lima (PKL).
Sementara itu khusus untuk kegiatan Baznas Provinsi adalah memberi pendidikan bagi anak keluarga miskin dan muallaf sebanyak 39 orang, dan pembinaan kawasan perbatasan dan muallaf di Kabupaten Mahakam Ulu yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Selain di Mahakam Ulu, juga dilakukan di  Sungai Nyamuk, di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan.
"Kita terus memperbaiki pengumpulan dan pendistribusian zakat ini dengan transparan melalui Program Simba, Sistem Imformasi Baznas yang akan diaplikasikan ke 14 Kabupaten/Kota di Kaltim," ujarnya.
Dari pengumpulan zakat tahun ini, terkumpul zakat sebesar Rp147.500.000 dan infaq sebesar Rp9 juta yang berasal dari Gubernur, Wakil Gubernur, dan sebagian Kepala SKPD yang hadir. Pada kesempatan itu gubernur juga menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah bagi 300 petugas kebersihan Kota Samarinda  sebesar Rp30 juta, bantuan fakir miskin kepada 50 Kepala Keluarga sebesar Rp50 juta  serta bantuan untuk 142 orang veteran sebesar Rp142 juta  (yul/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menunaikan pembayaran zakat. (fajar/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait