BBPOM Gelar Germas Sapa, Rusmadi : Selamatkan Anak dari Pangan Tidak Sehat

Rusmadi bersama jajaran BBPOM dan instansi terkait dalam Germas Sapa. (seno/humasprov)

 

BBPOM Gelar Germas Sapa, Rusmadi : Selamatkan Anak dari Pangan Tidak Sehat

 

SAMARINDA - Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang sehat, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda menggelar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (Germas Sapa). Kegiatan diikuti 175 peserta terdiri dari para pengelola sekolah baik kepala sekolah maupun guru, pelaku usaha farmasi, pramuka, PKK, ormas dan instansi terkait.

 

Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi atas nama Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi kegiatan Germas Sapa sebagai upaya bersama menyelamatkan anak-anak dari bahaya mengonsumsi pangan yang tidak sehat dan tidak aman. Menurut dia, Germas Sapa ini harus melibatkan dan didukung semua pihak serta harus berkelanjutan agar kesadaran untuk hidup sehat bisa terbangun dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Apalagi kalau ingin terbentuk generasi yang cerdas, berkualitas dan berdayasaing maka harus dimulai dari makanan sehat yang dikonsumsi. "Selamatkan masyarakat kita khususnya  anak-anak sebagai generasi penerus dari makanan yang tidak aman dan tidak sehat," kata Rusmadi pada sosialisasi Germas Sapa di Ballroom Hotel Aston Samarinda, Selasa (28/11).

 

Dia berharap para kepala sekolah maupun pengelola sekolah dan guru agar lebih selektif dalam mengawasi kantin sekolah maupun para pedagang makanan yang berusaha di sekitar sekolah baik sekolah dasar, SMP maupun SMA. Karenanya, seluruh komponen masyarakat baik produsen, pelaku usaha atau industri rumahan maupun kegiatan usaha makanan agar memperhatikan kualitas produknya dan tidak menggunakan campuran makanan yang bisa membahayakan kesehatan konsumen. "Kami sangat mendukung upaya sekolah membentuk kantin sehat sebagai jaminan makanan atau jajanan yang dijual terjamin mutu, gizi dan keamanannya," ungkap Rusmadi.

 

Sementara itu Kepala BBPOM Samarinda Fanani Mahmud mengenukakan Germas Sapa bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat secara individu agar selalu menjaga kesehatannya selain berolahraga juga mengkonsumsi makanan yang terjamin mutu, aman dan sehat. "Untuk hidup sehat selain berolahraga secara rutin, teratur dan terukur juga selalu mengkonsumsi makanan yang aman, sehat, bermutu dan bergizi," ujar Fanani Mahmud. Kegiatan dirangkai dengan penyerahan Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah dan penantanganan MoU antara BBPOM dengan KPID Kaltim. (yans/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation