Beasiswa Jangkau Kawasan Perbatasan Dengan Sistem Manual

Awang Faroek: Sebarkan Informasi Seluas Mungkin

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta kepada seluruh masyarakat Kaltim agar memanfaatkan seoptimal mungkin program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang telah dilaksanakan Pemprov Kaltim sejak 2009. Khususnya bagi masyarakat di kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil di wilayah Kaltim dan Kaltara.

Dengan sistem penyaluran beasiswa saat ini, yakni sistem online dan manual. Diharapkan masyarakat Kaltim yang dulunya tidak bisa menggunakan sistem online karena tidak ada atau belum masuknya jaringan internet di kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil, bisa menggunakan sistem manual yang kuotanya ditentukan oleh masing-masing kabupaten.

“Masyarakat kita di perbatasan harus dibantu agar mengetahui informasi tentang beasiswa ini. Tokoh masyarakat, tokoh adat ataupun tokoh pemuda di kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil harus pro aktif menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat. Jika perlu mereka mendata siapa-siapa saja yang layak menerima, untuk kemudian diajukan ke pemerintah kabupaten,” ujar Awang Faroek, Selasa (19/8).

Awang Faroek menjelaskan untuk kuota penerima beasiswa di masing-masing kabupaten/kota telah ditentukan oleh Tim Beasiswa Pemprov Kaltim, yakni Samarinda 3.415 orang untuk 25 jenis beasiswa, Balikpapan (3.165 orang/23 jenis beasiswa), Bontang (1.316 orang/25 jenis beasiswa) dan Tarakan (1.316 orang/25 jenis beasiswa).

Selanjutnya, Berau (1.476 orang), Bulungan (1.219 orang), Kutai Barat (1.329 orang), Kutai Kartanegara (3.220 orang), Kutai Timur (1.697 orang), Malinau (1.097 orang), Nunukan (1.189 orang), Paser (1.597 orang), Penajam Paser Utara (1.219 orang), Tana Tidung (1.030 orang) dan Mahakam Ulu (1.030 orang). Jumlah penerima tersebut untuk 25 jenis beasiswa bagi masing-masing daerah.

Demikian halnya untuk perguruan tinggi, kuota penerima yang telah ditetapkan oleh Tim Beasiswa Pemprov Kaltim jumlah totalnya sekitar 11.075 orang yang tersebar di 77 perguruan tinggi (universitas, sekolah tinggi, politeknik dan akademi) di Kaltim dan Kaltara.

“Masih banyak jenis beasiswa lainnya yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Pemerintah terus berupaya untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi terkait beasiswa kepada masyarakat. Kita juga perlu dukungan penuh baik dari masyarakat maupun seluruh pemangku kepentingan agar program ini berjalan dengan baik dan manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, Beasiswa Kaltim Cemerlang 2014 diberikan kepada sektiar 50.785 pelajar (SD, SMP dan SMA/SMK) dan mahasiswa program diploma/sarjana (D3, D4, S1), magister (S2) dan doktor (S3). Dengan kuota yang didasarkan pada aspek pemerataan kabupaten/kota, perguruan tinggi negeri dan swasta, jenjang dan jenis pendidikan, prioritas jurusan/program studi dan kebutuhan tenaga terdidik. (her/es/hmsprov).

 

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan bantuan bea siswa kepada sejumlah pelajar dan mahasiswa.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation