Beasiswa Kaltim Cemerlang untuk Rakyat Kaltim

Terus Kirim Mahasiswa Belajar ke Universitas Pertahanan

JAKARTA-Komitmen Pemprov Kaltim dalam bidang pendidikan sudah tidak diragukan lagi. Dalam beberapa tahun terakhir sektor pendidikan selalu menjadi program prioritas Pemprov Kaltim dengan berbagai program dan terobosan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kaltim.

Salah satu program Pemprov di bidang pendidikan yang selalu ditunggu masyarakat khususnya bagi pelajar dan mahasiswa di setiap tahunnya adalah Beasiswa Kaltim Cemerlang, yang memang dikhususkan bagi puluhan ribu putra-putri Kaltim untuk mendapatkan pendidikan terbaik.

Pelajar dan mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Kaltim Cemerlang tersebar di sejumlah daerah baik dalam maupun luar negeri. Untuk 2014, jumlah penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang ditingkatkan dari tahun-tahun sebelumnya sejak 2009 berjumlah sekitar 30 ribu penerima menjadi 50 ribu penerima setiap tahunnya sampai dengan 2018.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak tidak henti-hentinya menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kaltim untuk memanfaatkan Beasiswa Kaltim Cemerlang sebaik-baiknya untuk melanjutkan pendidikan hingga tingkat tertinggi.

Demikian halnya kepada putra-putri di kawasan perbatasan, pedalaman dan terpencil di Kaltim, Awang Faroek meminta agar bisa mengikuti program beasiswa ini untuk kemudian bisa mengabdi membangun daerahnya masing-masing sekembalinya dari menempuh pendidikan di luar daerah.

“Beasiswa ini untuk rakyat Kaltim. Dan kita harapkan juga dapat dinikmati oleh rakyat Kaltim sebagai investasi jangka panjang. Khusus untuk masyarakat perbatasan, hendaknya dapat memilih program studi (prodi) yang sesuai dengan karakter wilayahnya masing-masing, sehingga bisa diterapkan di daerah untuk pengabdian di masyarakat,” kata Awang Faroek, Kamis (20/3).

Untuk wilayah perbatasan, sebut dia, bisa memilih prodi ketahanan dan keamanan nasional di Universitas Pertahanan (Unhan). Dan itu sudah dilakukan Pemprov dengan mengirimkan beberapa putra Sebatik dan daerah lainnya melalui program beasiswa untuk menempuh pendidikan di Unhan.

“Sebatik merupakan salah satu beranda depan NKRI. Daerah merasa ikut bertanggungjawab dalam upaya menjaga ketahanan dan keamanan negara disana. Dengan adanya mahasiswa asal Kaltim yang belajar di Unhan, sekembalinya mereka nanti bisa membantu TNI dan pemda dalam menyusun sistem pertahanan di wilayah perbatasan,” sebutnya.

Awang Faroek menegaskan akan terus mengirimkan putra-putri Kaltim untuk menempuh pendidikan sesuai dengan prodi yang dibutuhkan daerah. Terutama untuk pengembangan sektor pertanian dalam arti luas, pariwisata dan industri olahan, termasuk sektor ketahanan.

“Kita akan lakukan dan mudah-mudahan tahun ajaran baru nanti bisa kita kirimkan lagi beberapa mahasiswa dari perbatasan untuk menempuh pendidikan di Unhan. Apalagi kita sudah menandatangani kesepakatan bersama dengan Unhan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia Kaltim dalam bidang pertahanan dan keamanan,” tegasnya. (her/sul/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berbincang dengan mahasiswa Unhan asal Sebatik Nunukan. (heru/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation