Bedah Buku Dr Drh H Soehadji

Awang : Contoh Semangat Pengabdian

SAMARINDA – Semangat pengabdian harus dimiliki setiap orang demikian halnya generasi penerus sekarang ini. Karenanya, buku karya Dr drh H Soehadji berjudul ”Berjuang Untuk Mencapai Puncak” hendaknya menjadi bacaan generasi muda guna meneladaninya.
“Buku karya H Soehadji yang berisikan pengalaman dan perjalanan hidup selama menjadi abdi negara sejak di pedalaman hingga ke ibukota Kaltim bahkan sampai ke ibukota negara Jakarta membuka pola pikir kita semua agar mengabdikan diri setulus hati,” ungkap Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada Bedah Buku Dr drh H Soehandji di Pendopo Lamin Etam, Kamis (19/12).
Dalam buku tersebut jelas dituliskan sejak awal kedatangan ke Kaltim pada tahun 1962 untuk mengabdikan diri sebagai abdi pemerintah dari Jawa telah ditempatkan di pedalaman Kaltim khususnya di Kecamatan Sendawar sebagai Kepala Dinas Kehewanan Kabupaten Kutai.
Mengabdikan diri di daerah pedalaman yang memiliki keterbatasan fasilitas sarana serta infrastruktur  tidak mengurangi semangat Soehadji muda untuk berbuat dan bekerja sepenuh hati dalam memajukan program pembangunan peternakan di Kaltim.
Dedikasi yang tinggi itu akhirnya membawa Seohadji kejenjang pengabdian yang lebih tinggi yakni diangkat menjadi Kepala Dinas Peternakan Kaltim sejak 1965-1975 di Samarinda dan pengabdian ditunjukkan dengan prestasi kerja yang lebih baik.
Terbukti setelah mengabdikan diri sekitar kurang lebih 15 tahun di Kaltim akhirnya diangkat menjadi Direktur Bina Porgram Dirjen Peternakan selama 8 tahun berikutnya diangkat sebagai staf ahli Menteri Muda Urusan Peningkatan produksi Peternakan dan Perikanan 5 tahun selanjutnya meningkat karirnya diangkat sebagai Direktur Jenderal Peternakan hingga pensiun.
“Dedikasi dan semangat kerja sepenuh hati Om Soehadji inilah yang patut kita teladani khususnya generasi muda sebagai generasi poenerus serta seluruh aparatur pemerintah sebagai abdi negara. Bahwa sejak diangkat sebagai pegawai maka jiwa pengabdian harus dijunjung tinggi tanpa memandang tempat dan jabatan karena itu amanah,” ujar Awang Faroek.
Sementara itu H Soehadji selaku penulis buku Berjuang untuk Mencapai Puncak mengakui buku ini ditulis  untuk menuangkan pengalaman dan perjalanan karir sebagai pegawai pemerintah yang mengabdikan diri dari level kecamatan, kabupaten, provinsi hingga pusat bermodalkan ketulusan hati.
Peluncuran sekaligus bedah buku Dr Drh H Soehadji berjudul Berjuang untuk Mencapai Puncak dihadiri Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim serta tokoh-tokoh pembangunan Kaltim.
Hadir sebagai komentator H Hermain Okol dan Dr Djakfar Siddiq serta Dr H Sigit Muryono, H Maksum Abdullah dan H Ibrahim serta Sofyan Masykur dan Syafruddin dengan moderator Marga Rahayu.(yanshmsprov)  

//Foto:  PERJALANAN HIDUP. Dr Drh H Soehadji (kanan) menjelaskan tentang buku karyanya yang berjudul Berjuang untuk Mencapai Puncak pada Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam.(masdiansyah/humasprovkaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation