Kalimantan Timur
Begenjoh Nusantara 2018 Digelar Maret

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kaltim menggelar Begenjoh Nusantara 2018.(umar/humasprov)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  sangat mendukung rencana Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kaltim menggelar Begenjoh Nusantara 2018 yang akan digelar pada 3-5 Maret mendatang. Untuk itu Gubernur meminta agar dalam penyelenggaraan nanti, DKD kabupaten/kota bisa terlibat guna menyukseskannya, serta memberikan kesempatan  kepada semua kesenian daerah-daerah yang ada di Kaltim ikut berpartisipasi. "Selain itu, saya berharap agar kegiatan Begenjoh Nusantara ini  menjadi agenda rutin DKD Kaltim," kata Awang Faroek Ishak saat menerima audiensi  Ketua Umum DKD Kaltim Syafril Teha Noer dan jajarannya di Ruang Kerja Gubernur Kaltim, Selasa (30/1). 

 

Dalam kegiatan Begenjoh Nusantara 2018, Gubernur juga mengharapkan kepada DKD Kaltim  agar bekerjasama dengan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim di Tenggarong, serta beberapa perusahaan untuk melakukan pembinaan kesenian dan kebudayaan di wilayah kerja mereka. 

 

Menurutnya kemajuan suatu negara maupun daerah harus didukung oleh kemajuan kebudayaannya. Oleh karena itu, DKD Kaltim harus bisa berperan aktif memajukan kebudayaan Bumi Etam. "Kaltim ini ibarat Indonesia mini, semua suku dan agama ada di Kaltim, maka dari itu pembinaan kebudayaan harus terus dilakukan dan ditingkatkan. Di Kaltim tidak hanya suku Kutai dan Banjar, tetapi berbagai suku semua ada dan  itu  harus tetap  dijaga dan dilestarikan dengan baik," pesan  Awang Faroek Ishak. 

 

Sementara Ketua DKD Kaltim Syafril Teha Noer dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Begenjoh Nusantara 2018 terdiri dari dua kegiatan utama yaitu kegiatan begenjoh saja meliputi  kegiatan kekhasan lokal  yang  terdiri dari lima kegiatan  seperti  pertemuan seni, workshop tari, musik, sastra dan sinematografi, pameran seni rupa, rembuk etam dengan tema "kesenian juga penting", serta rapat kerja pengurus Dewan Kesenian Daerah se-Kaltim. "Rangkaian kegiatan tersebut kita harapkan tuntas selama tiga hari mulai 3 sampai 5 Maret mendatang. Berbagai kegiatan akan kita gelar di Lamin Etam dan sebagian kegiatan di Gedung Guru, Balai Bahasa dan di halaman Kantor Gubernur Kaltim," kata Syafril Teha Noer. (mar/sul/humasprov)    

Berita Terkait