Benahi Fasilitas Hotel dan Berikan Pelayanan Terbaik

 Bangun Infrastruktur Penunjang Pariwisata dan Bisnis

 

SAMARINDA – Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia, Kaltim harus memiliki infrastruktur penunjang pariwisata yang memadai dan layak. Keberadaan hotel dan sarana akomodasi lain sangat diperlukan untuk menunjang pesatnya perkembangan dunia usaha dan kepariwisataan di daerah ini.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan saat ini beberapa kota di Kaltim berkembang menjadi kota jasa dan perdagangan, kota industri serta kota wisata. Seiring dengan itu, tumbuhnya sarana perhotelan dan berkembang dengan baik yang ditandai dengan sudah cukup banyaknya berdiri hotel-hotel berbintang maupun kelas melati.

“Sebagai daerah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Kawasan Indonesia Tengah dan Timur, Kaltim mendapat perhatian dari para investor dan pebisnis di berbagai bidang usaha. Selain itu, Kaltim juga menjadi daerah tujuan wisata dengan keunggulan wisata ecotourism,” kata Awang Faroek belum lama ini.

Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia, menyusul digalakkannya Tahun Kunjungan Wisata Kaltim (Visit Kaltim Years) yang dicanangkan sejak 2009, Kaltim setiap tahun kedatangan ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara, yang tentu saja sangat memerlukan tempat menginap yang memadai dan sesuai dengan pilihan yang dikehendaki.

“Kita lihat di beberapa kota seperti Samarinda, Balikpapan, Tenggarong dan Tanjung Redeb, pembangunan hotel semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kunjungan ke kota-kota tersebut, baik kunjungan dari investor untuk melakukan bisnis, maupun wisatawan yang ingin berlibur,” jelasnya.

Meskipun tumbuh dan menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan, namun Faroek menilai keberadaan hotel di daerah di Kaltim masih perlu terus ditingkatkan, khususnya dalam hal pelayanan dan sumber daya manusia (SDM) para pelaku, pimpinan dan pengelolanya.

 Sehingga setiap tamu yang datang mendapatkan kepuasan dan kenangan manis yang tak terlupakan, selama mereka menginap dan berada di daerah ini. “Kita berikan pelayanan terbaik bagi tamu yang datang ke Kaltim, entah mereka itu investor maupun wisatawan," ujarnya.

Tinggalkan kesan baik kepada tamu, sehingga dapat membawa dan menyebarkan keramahan dan pelayanan bagus dari Kaltim kepada keluarga dan teman didaerah asalnya. Kita jadikan itu sebagai media promosi untuk Kaltim,” ucapnya. (her/hmsprov).

///FOTO : Pembangunan jalan Tol merupakan salah satu upaya Kaltim untuk memenuhi sarana infrastruktur yang lebih baik untuk memperlancar arus barang dan jasa sekaligus menunjang pertumbuhan kepariwisataan.(dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait