Bencana Urusan Kita Bersama

Foto : Adi Suseno

DERAWAN - Guna optimalisasi pelayanan dan sinergi penanganan serta penanggulangan darurat bencana di daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penanggulangan Bencana Provinsi Kaltim Tahun 2020 di Pulau Derawan Kabupaten Berau, Selasa (24/2/2020).

.

Plt Kepala BPBD Kaltim H Nazrin mengemukakan Kaltim saat ini harus selalu sigap dan waspada terhadap ancaman bencana, baik karena faktor alam, non-alam, maupun manusia. Sebab, bencana selalu mendatangkan kerugian, kerusakan, penderitaan, hingga menyebabkan korban jiwa. 

.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, kejadian bencana menimpa sejumlah daerah di Indonesia, intensitasnya bahkan cenderung meningkat 

.

"Memerlukan kewaspadaan kita bersama, sebab bukan tidak mungkin bencana serupa juga terjadi di Kaltim. Karena itu diperlukan penanganan secara terkoordinasi, terencana, dan terpadu," ungkapnya saat membuka Rakorda Penanggulangan Bencana.

.

Selain itu, dampak pemanasan global telah menghasilkan perubahan iklim dan cuaca yang tidak beraturan. Juga banyaknya pembangunan yang mengandalkan eksploitasi sumber daya alam yang tidak ramah lingkungan pasti akan menimbulkan kerawanan bencana alam.

.

Karenanya, Nazrin mengharapkan semua pihak terkait menyiapkan langkah-langkah konkrit untuk mengurangi berbagai risiko bencana. Menyiapkan perencanaan secara terarah, terpadu, terkoordinasi yang berwawasan lingkungan sehingga menghasilkan rumusan bersama dalam penanggulangan bencana yang lebih baik dan berkesinambungan. "Sehingga tercapainya satu pemahaman dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kaltim untuk mewujudkan masyarakat Kaltim yang tangguh menghadapi bencana," kata Nazrin.

.

Menanggapi wabah virus corona yang dialami oleh Negara Cina yang dikhawatirkan masuk ke Indonesia. Nazrin berharap jajaran BPBD terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersama mencegah masuknya virus tersebut.

.

Rakorda selama dua hari (25-26 Februari) bertema Bencana Urusan Bersama Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat dihadiri Assisten 1 Setkab Berau Datu Kesuma, Kepala BPBD se-Kaltim, TNI dan Polri, organisasi masyarakat dan dunia usaha.(sen/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait