Bentuk Dukungan Kinerja Gubernur

Diklat Penyusunan Renstra dan Lakip Angkatan II


SAMARINDA – Seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diharapkan dapat menyusun langkah strategis atau perencanaan program, sehingga sejalan dengan program dan visi misi yang direncanakan gubernur terpilih.  
“Tahun ini Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kaltim memang banyak menggelar Diklat, mulai Diklat PIM III dan IV hingga Diklat Teknis dan Fungsional. Untuk Diklat Teknis dan Fungsional tahun lalu kami gelar sebanyak 12 kali. Namun, untuk tahun ini sebanyak 22 kali, tiga diantaranya yakni Diklat Renstra dan Lakip Angkatan II, serta Pranata Komputer,” kata Kepala Bandiklat Kaltim H Syafruddin Pernyata usai membuka Diklat Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan LAKIP Angkatan II tentang Penyusunan Laporan Keuangan, serta Pranata Komputer dan Menutup Diklat PIM IV Angkatan V di Kantor Bandiklat Kaltim, Samarinda Seberang, Selasa (21/5).
Pelatihan tersebut penting dilakukan untuk mendukung kinerja gubernur. Sebab, gubernur terpilih akan melaksanakan pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Rencana tersebut akan menjadi cermin dari visi dan misi gubernur terpilih.  Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat diikuti pejabat eselon III dan IV dari masing-masing SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim, terutama sekretaris dan kasubbag perencanaan.
“Jangan sampai ketika gubernur merencanakan jalan ke utara, SKPD terkait justru merencanakan pembangunan jalan ke selatan atau ke timur, sehingga tujuan gubernur tidak terwujud.  Perencanaan program ini harus dilaksanakan bersama-sama,” jelasnya.
Sebab itu, staf yang dilatih harus memperoleh ilmu dan pengetahuan yang diperlukan untuk mendukung realisasi perencanaan program.  Pelatihan ini didukung narasumber dari Bappenas dan Bappeda Provinsi, serta Inspektorat Wilayah.
Kepala Bidang Diklat Teknis dan Fungsional Bandiklat Kaltim La Baresi mengatakan tujuan dari pelaksanaan Diklat ini agar pejabat atau staf memiliki keterampilan dan memahami pelaksanaan kerja. Melalui pelatihan tersebut diharapkan seluruh SKPD dapat mendukung visi dan misi yang disiapkan oleh gubernur terpilih. (jay/hmsprov).

///Foto : Sejumlah peserta pelatihan.(norjaya/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation