Berau dan Balikpapan Juara I

 

Lomba Desa dan Kelurahan se Kaltim 2014

 

SAMARINDA - Desa Kurimbang, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau dan Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur  berhasil menjadi juara pertama lomba desa/kampung dan kelurahan tingkat provinsi Kaltim 2014. 

Desa Kurimbang berhasil menjadi juara pertama setelah mengalahkan 836 desa se-Kaltim dan Kelurahan Manggar berhasil menjadi juara setelah mampu menyisihkan 189 kelurahan lainnya di Kaltim.

Juara kedua lomba desa diraih Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara dan juara ketiga diraih Desa Klempang Sari,  Kabupaten Paser. Sementara untuk tingkat kelurahan, juara kedua diraih Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara dan juara ketiga diraih Kelurahan Nipah-Nipah, Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU).

“Sebelum menjadi juara, masing-masing kabupaten/kota mengirimkan perwakilan mereka yang merupakan para juara tingkat kabupaten/kota untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri yang terdiri dari unsur Universitas Mulawarman, PKK Kaltim, Dinas Kesehatan dan BPMPD Kaltim serta LPM Kaltim," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim H Jauhar Efendi, Selasa (9/12).

Selanjutnya, tim melakukan investigasi lapangan dengan tujuan untuk mengetahui kebenaran data yang dipersentasikan di hadapan dewan juri.  Penilaian dilakukan meliputi berbagai bidang yang telah ditentukan, antara lain kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan, lembaga kemasyarakat dan PKK.

Menurut dia, dari hasil penilaian tersebut Pemprov Kaltim dapat mengetahui desa dan kelurahan mana saja yang telah berhasil dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. “Secara umum perkembangan pembangunan pemerintahan desa dan kelurahan mengalami peningkatan. Termasuk adanya kepedulian kepala daerah terhadap pembangunan desa dan kelurahan di masing-masing daerah,” jelasnya.

Meski meraih juara pertama, namun diharapkan masing-masing desa yang meraih juara pertama dapat meningkatkan pembangunan yang telah dicapai saat ini. Sebab, desa yang juara mampu menyisihkan 836 desa yang ada di Kaltim, begitu juga dengan kelurahan.

Sudah banyak kemajuan yang telah dicapai di masing-masing kelurahan dan desa se-Kaltim selama kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Wakil Gubernur sebelumnya dan sekarang.

“Hal ini dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa maupun kelurahan. Untuk desa, mereka sudah memiliki RPJMDes. Termasuk pengembangan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) terlaksana dengan baik. Tetapi, ke depan yang patut menjadi perhatian dari kelurahan dan desa adalah adanya perpustakaan desa dan kelurahan,” jelasnya.

Kabupaten dan Kota yang desa dan kelurahannya berhasil meraih juara pertama selanjutnya pada Januari 2015, tepatnya pada puncak HUT Provinsi Kaltim 9 Januari 2015 berhak menerima panji-panji keberhasilan tentang pembinaan penyelengaraan pemerintahan desa dan kelurahan. (jay/su/es/hmsprov).

Berita Terkait