Berau Dukung Perwujudan Ketahanan Pangan Kaltim

Berau Dukung Perwujudan Ketahanan Pangan Kaltim

  BERAU - Kabupaten Berau mendukung program Pemprov Kaltim dalam program ketahanan dan kedaulatan pangan di Kaltim dengan memacu peningkatan produksi untuk sejumlah komoditas, antara lain jagung  dan kedelai serta menambah luas areal tanam pangan lainnya.

"Pembangunan pertanian di Kabupaten Berau mengalami kemajuan siginifikan. Luas lahan panen dari berbagai komoditi yang dikembangkan, meningkat setiap tahun," kata Bupati Berau H Makmur HAPK di sela-sela mendampinggi Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal pada Rakornis Bidang Kesejahteraan Rakyat  di Tanjung Redeb  Berau, Senin (24/2).

Dijelaskan, program ini juga seiring dengan tekad Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yakni dalam upaya mendukung perwujudan ketahanan dan kedaulatan pangan di Kaltim.

Selain itu juga program optimalisasi lahan seluas 170 hektare. Program ini juga mendapat dukungan dari Pemprov  Kaltim. Dengan bantuan alat dan mesin pertanian, selain itu juga bantuan pupuk bersubsidi dan program sekolah lapang bagi petani.

Sedangkan untuk lahan potensial yang menjadi komitmen bersama Pemerintah Provinsi Kaltim yang masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) provinsi yang mencapai 30.869,09 hektare.

"Pada 5 Maret nanti kami juga mengundang menteri Pertanian Suswono untuk panen sekaligus penanaman perdana jagung sekitar 1.000 hektare di Desa Bidukbiduk  yang dipadukan dengan budidaya perikanan," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam salah satu dialog beberapa waktu lalu mengatakan, Desa Bidukbiduk cocok untuk pengembangan tanaman kedelai, dengan potensi lahan mencapai sembilan ribu hektare, kalau semua lahan seluas itu  ditanami kedelai akan menghasilkan 18 ribu ton, sehingga sangat membantu kelangkaan kedelai.

“Saya mengajak masyarakat Kaltim untuk mensukseskan kemandirian pangan di setiap kabupaten, dengan memanfaatkan  lahan di sekitar kita untuk ditanami baik singkong jagung kedelai, sehingga diharapkan mampu mewujudkan Kaltim  swasembada pangan," ujar gubernur.(sar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait