Berbasis Kompetensi, PPSDM Geominerba Layak Dikunjungi


BANDUNG - Judul di atas bukan hanya pujian tanpa bukti, kenyataan sebenarnya didapat setelah menyaksikan sendiri Gedung PPSDM Geominerba yang terletak di jalan Jenderal Sudirman Bandung, Jawa Barat pada Kamis (14/11/2019).

Dipimpin langsung oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi Kaltim Wahyu Widhi Heranata biasa disapa Didit ini, kunjungan terlihat berbalut suasana hangat dan akrab. Masing-masing pihak menyadari betapa pusat pendidikan aparatur dan industri pertambangan ini berperan penting dalam menelurkan ahli-ahli tambang yang profesional sebagaimana tujuan didirikannya PPSDM. Yakni " Mendidik, melatih dan membangun SDM di Sub Sektor Geologi, Mineral dan Batubara," 

Mewakili Kepala PPSDM Geominerba Priharto Dwinugroho, Kepala Bidang Penyelenggaraan Sarana dan Prasarana Diklat PPSDM Geominerba Bandung, Ade Hidayat  mengungkapkan kerjasama penyelenggaraan Diklat antara PPSDM Geominerba dan Pemprov Kaltim telah berlangsung sejak lama. "Ditindaklanjutinya penandatanganan PKS pada Juli lalu, semoga tahun depan kerjasama Diklat dapat berjalan lancar," harapnya. 

Sementara Dodit merasa sangat terkesan dan mengapresiasi sambutan segenap pimpinan dan staf PPSDM Geominerba. Dia tak bisa menyembunyikan kekagumannya saat menyaksikan kelengkapan sarana prasarana PPSDM Geominerba Bandung. "Jujur saya terkagum dan mungkin akan lebih sering kesini nanti,"ujarnya tulus.

"Akan halnya PKS tentang Pelaksanaan Pengembangan SDM Sub Sektor Geominerba antara Kaltim dan PPSDM yang telah diteken. Pemprov akan segera menindaklanjutinya dan mengimbau pimpinan usaha pertambangan melalui Forum Kepala Teknik Tambang Perusahaan Pemegang IUP yang sudah terbentuk," tambah Didit.

Frediansyah, Sekretaris Dinas ESDM yang juga mengawal kunjungan kerja menambahkan seluruh perusahaan paling tidak telah menerapan good mining practice. Petugas  yang menangani  K3 dan  produksi harus tenaga yang punya sertifikasi khusus dan wajib melaksanakannya. 

"Jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian (fatality), maka perusahasn akan mendapatkan sanksi  penutupan sementara wilayah operasinya," ujarnya.

Itulah sebabnya, pelatihan, kursus atau diklat bagi aparatur dan karyawan yang bergerak pada industri pertambangan merupakan suatu keharusan, PPSDM Geominerba Bandung menjadi solusinya.(inni/her/yans/humasprovkaltim))

Berita Terkait
Government Public Relation