Berdayakan Pertanian Dalam Arti Luas

Tarmizi Karim: Kaltim On The Right Trek

SAMARINDA- Mantan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim H Tarmizi A Karim menyatakan bahwa saat ini pembangunan Kaltim sudah berada pada jalur yang benar alias on the right track. Progres pembangunan yang dilakukan selama kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak dan Wagub Farid Wadjdy sudah mengalami kemajuan yang sangat tinggi. Meski begitu, Pemprov Kaltim tak boleh lalai, pembangunan harus tetap berjalan dan tidak boleh ada keterlambatan.    
“Penyiapan pembangunan infrastruktur harus diimbangi dengan pemberdayaan sektor pertanian dalam arti luas. Contohnya perkebunan, peternakan dan perikanan,” kata Tarmizi A Karim usai membuka semiloka PNPM-MP Kaltim di Samarinda, Selasa (19/11).  
Menurut dia, Kaltim harus bisa memberdayakan sektor pertanian dalam arti luas. Sektor ini memiliki prospek cerah di masa depan. Sebab itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan harus bersinergi dengan sektor pertanian dalam arti luas. Kaltim juga memiliki potensi besar untuk membangun infrastruktur karena Kaltim menjadi bagian dari program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).  
 “Kalau kita membangun infrastruktur jalan, tetapi jalan itu tidak menjadi jalur transportasi untuk mengangkut hasil produksi pertanian, maka jalan itu tidak banyak memberi manfaat. Sebab itu, sinergi sangat diperlukan,” katanya.    
 Luas Kaltim dengan hamparan kekayaan alam yang luar biasa, sudah semestinya dapat dimanfaatkan dengan baik agar Kaltim tidak hanya bergantung pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yakni pertambangan migas dan batu bara  
“Kita punya tanah yang subur dan luas, tetapi kita masih impor daging, ikan dan telur. Manfaatkan potensi ini mulai sekarang. Jangan tunggu besok-besok,” elasnya.   (jay/hmsprov)

//Foto: MANTAN PJ GUBERNUR. Tarmizi A Karim foto bersama dengan peserta semiloka PNPM-MP Kaltim. (jaya/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait
Government Public Relation