Bere Ali: April Ini Pendaftaran Beasiwa Kaltim Cemerlang

Sosialisasi Pergub Tentang Kuota Beasiswa

SAMARINDA - Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali menyatakan pendaftaran beasiswa Kaltim Cemerlang sudah bisa dimulai pada April 2014. Pendaftaran tersebut dimulai dari pembentukan tim seleksi penyaluran beasiswa Kaltim Cemerlang di tingkat kabupaten/kota, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN dan PTS)  se Kaltim dan Kaltara.

“Mulai April ini, pendaftaran sudah bisa dilakukan di tingkat pemerintah kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara. Karena itu, kami berharap, sebelum pembukaan pendaftaran tersebut, diharapkan pemerintah kabupaten/kota segera membentuk tim seleksi penyaluran bantuan beasiswa Kaltim Cemerlang. Sehingga tidak terlalu lama dalam penyaluran,” kata Bere Ali usai membuka sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltim Nomor 7/2014 tentang Kuota Beasiswa dan Teknis Penerimaan Kabupaten/Kota, PTN dan PTS se Kaltim dan Kaltara di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (21/4).

 “Setelah terbentuk tim seleksi dan telah diterbitkan surat keputusan (SK) bupati dan walikota, diharapkan tim tersebut dapat segera melakukan seleksi terhadap permohonan beasiswa. Karena, saat ini penyaluran beasiswa ada tiga kategori, yakni diatur dari kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara, diatur melalui kuota perguruan tinggi se Kaltim dan Kaltara dan kategori bersifat khusus,” jelasnya.

Kategori khusus tersebut, lanjut dia, antara lain bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di Sang Hyang Seri (SHS), Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) dan mahasiswa di Belarusia.

 “Setelah kabupaten/kota dan perguruan tinggi melakukan seleksi, selanjutnya bupati dan walikota menerbitkan surat keputusan penetapan penerima bantuan beasiswa melalui APBD Provinsi Kaltim 2014. Selanjutnya, berkas dan SK tersebut diserahkan ke Pemprov Kaltim, sebagai bahan pemerintah provinsi untuk menerbitkan SK Gubernur Kaltim tentang penetapan penerima bantuan beasiswa tersebut,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim mengatakan waktu pendaftaran tersebut beragam, karena disesuaikan dengan program kuota masing-masing. Misalnya, program beasiswa bagi pendidikan dasar dan menengah dimulai sejak 15 April hingga 10 Juni 2014. Program diploma 15 April hingga 4 Juli 2014 dan program sarjana/Diploma IV dan profesi 15 April hingga 4 Juli 2014.

“Melalui penyaluran beasiswa ini, kami berharap Kaltim mampu mencetak SDM andal dan mampu mendukung pelaksanaan program pembangunan di daerah,” jelasnya. (jay/es/hmsprov).

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan kouta beasiswa Kaltim Cemerlang kepada Bupati dan Walikota se-Kaltim beberapa waktu lalu.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait