Bere Ali: Perlu Dukungan Semua Pihak

Sukseskan Program KKBPK

 

SAMARINDA – Sukses pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) memerlukan dukungan semua pihak tidak hanya terkait penguatan kelembagaan tetapi  dukungan anggaran memadai.

“Kita berharap banyak terhadap dukungan dari kalangan wakil rakyat (DPRD) bagaimana perannya menyukseskan program KKBPK di daerah,” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali pada Seminar Peran DPRD dalam Program KKBPK Tahun 2014 di Samarinda, Rabu (8/10).

Menurut dia, Pemprov Kaltim dibawah kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak telah menetapkan program prioritas pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas melalui berbagai sektor pembangunan.

Karenanya, keberpihakan wakil rakyat yang tergabung dalam lembaga legislatif baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk kebijakan atau penguatan kelembagaan serta penganggaran sangat menentukan sukses program  berbagai pembangunan prioritas.

Termasuk, program KKBPK guna terwujudnya keluarga kecil, mandiri dan sejahtera sehingga menciptakan generasi berkualitas. Hanya dengan SDM berkualitas yang mampu mencapai kemajuan dan kesejahteraan serta berkompetisi di era global.

Bere menyebutkan periode 2012-2045, Indonesia berpeluang mendapat bonus demografi dengan bertambahnya jumlah penduduk usia kerja yang memacu pertumbuhan ekonomi ke tingkat lebih tinggi serta membaiknya kesejahteraan masyarakat.

“Bonus demografi harus dikelola baik dengan memperhatikan secara seksama pembangunan kependudukan khususnya program KKBPK terkait erat pembangunan dalam  meningkatkan kualitas SDM,” harap Bere Ali.

Sementara itu Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Wendi Hartanto menyebutkan laju pertumbuhan penduduk Kaltim mencapai 3,8 persen, lebih  tinggi dari rata-rata nasional. “Angka  kelahiran alami hanya 1,2 persen sisanya migrasi, yang mencapai 2,6 persen,” sebutnya.

Hal ini terjadi lanjut Wendi, karena kualitas SDM Kaltim kalah bersaing dengan daerah lain. “Disinilah pentingnya peran DPRD dalam mendukung BKKBN secara kelembagaan dan anggaran pembangunan peningkatan kualitas SDM di daerah,” kata Wendi Hartanto.

Demikian halnya, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Yenrizal Makmur mengemukakan seminar peran DPRD dalam mendukung program KKBPK ini sangat strategis dalam upaya meningkatkan pemahaman lembaga legislatif dalam menyukseskan program nasional itu.

Seminar diikuti 150 peserta terdiri ketua dan anggota DPRD serta pimpinan SKPD (dinas/badan) yang mengelola program KKBPK tingkat provinsi, kabupaten dan kota dengan narasumber Henny Rochaida dan Hj Encik Widyani.(yans/es/hmsprov).

////FOTO :  Bere Ali (tengah) didampingi Deputi Dalduk BKKBN Wendi Hartanto (kiri) dan Sekwan DPRD Kaltim Ahmadi (kanan kedua) serta Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Yenrizal Makmur (kanan) diwawancarai awak media.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait