Berfikir Positif, Tidak Perlu Mahal

Dok.humaskaltim

Berfikir positif adalah resep paling mujarab yang diutarakan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi kala menjadi narasumber pada  Live Wawancara RRI terkait  sharing pengalaman sebagai penyintas Covid-19.

 

Wawancara dilakukan melalui siaran langsung nasional oleh RRI Pro3 Jakarta dan zoom meeting, Sabtu siang (26/9/2020). Acara dipandu Tediy Junianto.

 

"Saya terpapar sekitar 30 Juni. Panas tinggi, menggigil sekujur tubuh, dinginnya sampai ke tulang. Batuk juga. Tiga botol obat habis tidak sembuh juga," cerita Hadi membuka kisahnya.

 

Saat itu, Wagub belum mengetahui jika dirinya sudah terpapar. Dia tetap berpikir positif dan selalu mengonsumsi obat-obatan, plus herbal.

 

"Saya  berrpikir positif saja, sambil minum obat-obatan dan herbal. Tanggal 5 Juli saya sudah sehat kembali," lanjut Hadi mengurai pengalamannya.

 

Sampai pada tanggal 14 Juli, ketika sang istri dirapid hasilnya reaktif. Begitu pun hasil swabnya positif. Wagub pun diswab. Hasilnya juga dinyatakan positif pada 15 Juli.

 

Selama masa karantina, seluruh petunjuk dokter dilaksanakan dengan mengonsumsi obat dan herbal yang banyak dikirim oleh kolega dan masyarakat.

 

"Persis di hari ke-14, saya swab lagi dan hasilnya sudah negatif. Selain saya, alhamdulillah semua klaster saya sekitar 35 orang sembuh. Terakhir sembuh pada 13 Agustus," beber Hadi.

 

Selain selalu berfikir positif, kiat lainnya adalah rajin mengonsumsi minuman sehat yang dapat menambah imunitas tubuh. 

 

"Tak perlu mahal, yang penting sehat bermanfaat. Bersyukur Indonesia memiliki banyak tanaman dan tumbuhan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh," ucap Hadi.

 

Narasumber lainnya adalah Dr Hermawan Saputra, Dewan Pakar Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Ketua Umum PPNI Harif Fadillah. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait