Beri Catatan Buat Pemerintah


SAMARINDA - Jajaran tour guide (pemandu wisata) ibu kota negara Indonesia, Kalimantan Timur hari ini Jumat (29/11/2019) melaksanakan Musyawarah Daerah IV Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia  (HPI) Kaltim Tahun 2019.

Kegiatan diikuti puluhan perwakilan dari tujuh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPI kabupaten dan kota se Kaltim dilaksanakan di Ruang Rapat Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda.

Musda digelar satu hari penuh dibuka Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni dan dihadiri Ketua Umum DPP HPI Sang Putu Subaya serta Ketua DPD HPI Kaltim Rusdiansyah.

Pramumisata menurut Sri Wahyuni, ujug tombak pariwisata Kaltim dan memiliki peran sangat strategis dalam pengembangan sektor wisata di daerah bahkan nasional.

"Melalui Musda ini kita berharap HPI melakukan evaluasi kinerja dan kendalanya. Terpenting, memberikan catatan apa yang sudah dan belum dilakukan organisasi ini kedepannya," ujar Sri Wahyuni.

Tidak kalah pentingnya, bagaimana organisasi ini memberikan masukan kepada pemeritah guna penguatan peran mereka bagi kemajuan dan pengembangan pariwisata Kaltim.

Diantaranya, pelatihan sertifikasi kompetensi anggota HPI. Juga, sinergi program dan pendataan anggota (guide-guide) harus berlisensi.

Sementara Ketua Panitia Musda DPD HPI Kaltim Awang Muhammad Jumri mengenukakaan Musda bertema Mengokohkan Peran Pramuwisata Dalam Menyambut Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara dilaksanakan untuk pemilihan ketua dan jajaran pengurus periode mendatang.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation