Beri Perhatian Keluarga dan Ahli Waris Pejuang

Farid: Warisi Nilai-Nilai Perjuangan Para Pahlawan
 
SAMARINDA – Wagub Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan dalam setiap peringatan hari-hari besar nasional, khususnya yang terkait dengan jiwa kepahlawanan yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu, maka hal yang patut dimaknai adalah bagaimana mewarisi sikap tersebut.
“Kita menyadari situasi dan suasana pada saat para pendahulu berjuang untuk merebut, memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan adalah dalam bentuk perjuangan fisik. Sekarang adalah bagaimana kita mewarisi nilai-nilai perjuangan itu, baik saat ini maupun masa mendatang, untuk mengisi kemerdekaan yang dipersembahkan oleh pejuang masa lalu,” ujar Farid saat menjadi Irup pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2013 tingkat provinsi di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Ahad (10/11).
Menurut dia, dalam mengisi kemerdekaan, masih banyak permasalahan yang dihadapi. Diantaranya masalah kemiskinan, pengangguran, konflik, bencana dan lainnya yang kesemuanya memerlukan perhatian yang sungguh-sungguh dari seluruh masyarakat. Hal itu, lanjut dia, dapat dilakukan dengan satu catatan, berdasarkan nilai-nilai kejuangan dari para pendahulu, yakni tanpa pamrih, ikhlas serta demi kepentingan bangsa dan negara.
Terkait tema Hari Pahlawan Nasional 2013, yaitu “Pahlawanku adalah Idolaku”. Farid menilai tema tersebut diambil karena adanya kecenderungan atau indikasi di berbagai lapisan masyarakat yang masih mementingkan dan mendahulukan kepentingan pribadi ataupun golongan dalam rangka membangun Indonesia.
“Tema tersebut harus benar-benar tertanam dalam jiwa dan sanubari masyarakat kita hari ini dan generasi kita depan, bahwa hanya pahlawan kita lah yang berjuang tanpa pamrih dalam mempersembahkan kemerdekaan. Dan nilai-nilai kejuangan itu harus diwarisi dan dipertahankan,” jelasnya.
Sementara untuk para veteran maupun keluarga dan ahli waris, Farid mengungkapkan dari waktu ke waktu Pemprov memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terkait dengan menjaga dan mewarisi nilai-nilai perjuangan. Selain itu, Pemprov juga terus melengkapi dan menyempurnakan berbagai sarana dan prasarana infrastruktur yang terkait dengan nilai-nilai perjuangan dan historis dari pejuang pendahulu.
“Kita juga memberikan perhatian dan meningkatkan kesejahteraan pejuang yang masih ada, maupun kepada keluarga dan ahli waris pejuang dalam bentuk bantuan-bantuan yang lain, seperti beasiswa ataupun dalam bentuk santunan. Namun, semua itu belum sebanding dengan apa yang telah diberikan oleh pejuang. Untuk itu, pemerintah daerah harus meningkatkan perhatian untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” harapnya.
Usai melaksanakan Upacara Bendera yang diikuti oleh jajaran Pemprov, TNI,, veteran, mahasiswa dan pelajar. Wagub Farid Wadjdy bersama jajaran Pemprov dan TNI melanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa untuk melakukan tabur bunga diatas makam para pejuang Kaltim yang telah gugur di medan perang. (her/hmsprov)

//Foto: ZIARAH. Wagub Kaltim H Farid Wadjdy dalam peringatan Hari Pahlawan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa Samarinda. Di antaranya ke makam Alm HM Ardans yang juga mantan Gubernur Kaltim. (syaiful/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait