Berikan Bansos dan Buka Keterisolasian Komunikasi

Kunker Wagub Mukmin Faisyal ke Perbatasan Kaltim (Bagian 1)

MAHULU – Dalam upaya menyerap aspirasi sekaligus bentuk perhatian serius Pemerintah Provinsi Kaltim terhadap daerah pedalaman, terpencil, perbatasan dan daerah teringgal, maka Wakil Guberur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP melakukan kunjungan kerja ke Kampung Tiong Ohang Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Mahulu merupakan kabupaten termuda di wilayah selatan Kaltim atau daerah otonomi baru hasil pemekaran Kabupaten  Kutai Barat yang disahkan DPR-RI melalui Undang-Undang  Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pembentukkkan Kabupaten Mahakam Ulu.

Kabupaten ini memiliki lima kecamatan terdiri Kecamatan Laham, Long Bagun, Long Hubung, Long Pahangai dan Long Apari (kecamatan terujung yang memiliki Dusun Long Sengot di Kampung Long Apari berbatasan langsung dengan Malaysia).

Kemarau yang terjadi dalam kurun waktu tujuh bulan ini ternyata memberikan imbas yang sangat mengganggu stabilitas kehidupan masyarakat di sepuluh kampung yang terdapat di Kecamatan Long Apari.

Khususnya tersendatnya pendistribusian sembilan bahan pokok (sembako) termasuk obat-obatan bagi pelayanan di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di sepuluh kampung di wilayah kecamatan terujung Kabupaten Mahulu.

Selain itu, kondisi kemarau yang berkepanjangan itu menguji keyakinan masyarakat di sepuluh kampung Kecamatan Long Apari untuk tetap mempertahankan semangat “Garuda Di Dadaku” walaupun kehidupan kemerdekaan hampir-hampir belum dirasakan.

Kemarau yang panjang mengganggu pendistribusian sembako masyarakat yang masing mengandalkan alur transportasi sungai yang sudah mulai dangkal bahkan mengering dan tidak bisa dilalui alat transportasi sunagi (long boat, speedboat maupun ketinting).

“Atas kondisi inilah serta memenuhi tuntutan masyarakat maka kami Pemprov Kaltim bersama TNI khususnya jajaran Kodam VI Mulawarman dan Korem 091 Aji Suryanatakesuma berkunjung sekaligus memberikan bantuan sembako,” kata Mukmin Faisyal, Jumat (31/10).

Bertempat di Lamin Balai Adat Kampung Tiong Bu’u Kecamatan Long Apari dan dihadiri sepuluh petinggi kampung serta Kepala Adat Besar Kampung, Wagub bersama Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono menyerahkan bantuan sosial.

Tidak kurang 15,2 ton beras bantuan dari pengusaha/swasta, Pemprov Kaltim, Korem dan Polda Kaltim serta Pemkab Mahakam Ulu  diserahkan. Termasuk 640 dua mie instans, 160 liter minyak goreng, 950 kilogram gula putih, 212 botol kecap, 1.400 kaleng sarden,  200 botol saos sambal, 240 kilogram garam, satu paket obat-obatan dan peralatan olahraga.

Menurut Wagub, bantuan sosial berupa sembilan bahan pokok bagi masyarakat ini hanya sebagain dan bentuk kepedulian dan keseriusan pemerintah daerah bersama TNI terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat di daerah pedalaman, perbatasan dan daerah tertinggal.

“Komitmen pemerintah daerah bekerjasama dengan jajaran TNI terus ditingkatkan guna membuka keterisolasian daerah pedalaman, perbatasan dan daerah tertinggal seperti sepuluh kampung di Kecamatan Long Apari ini,” kata Mukmin Faisyal.

Hal senada diungkapkan Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono terhadap upaya dan pehatian perintah daerah bersama TNI dalam membangun daerah pedalaman, perbatasan dan daerah tertinggal.

“Penyaluran bantuan sosial yang menggunakan alat transportasi helicopter milik TNI sebagai bentuk sinergitas kami bersama pemerintah daerah dalam mengurangi permasalahan kekurangan sembako yang dihadapi masyarakat pedalaman dan perbatasan,” ujar Benny.

Selain menyalurkan sembako, jajaran Kodam VI Mulawarman bersama instansi teknis Pemprov Kaltim melakukan bhakti sosial berupa pelayanan kesehatan bagi masyarakat di sepuluh kampung di Kecamatan Long Apari yang dipusatkan di Kampung Tiong Ohang.

Kegiatan yang dilaksanakan satu hari penuh itu melibatkan tim dokter dari Kodam VI Mulawarman dan tim dokter Dinas Kesehatan Pemprov Kaltim itu ditargetkan mampu menjaring dua ribu warga di sepuluh kampung.

Dalam kesempatan itu Panglima Kodam VI Mulawarman memberikan kepastian keterbukaan keterisolasian telekomunikasi melalui pengeoperasian menara telekomunikasi yang sudah terbangun sejak dua tahun lalu namun mengalami kendala.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pihak transponder Telkomsel untuk pengoperasian menara telekomunikasi dan peralatan sudah berada di Balikpapan. Ini hadiah berharga bagi masyarakat Tiong Ohang karena target sebelum natal sudah beroperasi,” ungkap Benny.

Demikian halnya Pj Bupati Mahakam Ulu MS Ruslan mengharapkan masyarakat tetap menjaga dan memelihara kondusifitas daerah seiring menunggu pembangunan yang sedang diupayakan pemerintah.

“Kita terus berupaya membangun berbagai lini untuk membuka keterisolasian daerah baik jalur sungai maupun darat termasuk komunikasi bersinergi dengan Pemprov dan pemerintah pusat termasuk jajaran TNI. Tetap jaga kondusifitas agar pembangunan suskses,” ujar Ruslan.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Mahulu menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan perhatian Pemprov dan jajaran TNI yang ditunjukkan dengan kedatangan Wagub Mukmin Faisyal dan Panglima Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono dirangkai dengan pemberian bantuan sosial dan pelayanan kesehatan melalui bhakti sosial.

Ikut hadir Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi dan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono, kepala BPKP2DT Kaltim Frederik Bit, Kepala Dinas Sosial Kaltim Hj Rusmalia Idrus dan Kepala Dinas Kesehatan Hj Rini Sukesi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Taufik Fauzi serta Kepala Dinas Kominfo Abdullah Sani dan jajaran Pemkab Mahulu.(yans/hmsprov)

//Foto: Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP, Ketua DPRD Kaltim H Syahrun dan Plt Sekprov Kaltim Dr Rusmadi ketika tiba di Mahakam Ulu. (masdiansya/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation