Berikan Pelayanan Publik Terbaik ke Masyarakat

Tugas dan Fungsi Pemerintah Harus Terus Ditingkatkan

SAMARINDA – Asisten Pemerintahan Umum Setprov Kaltim H Sofjan Helmi mengungkapkan peran, tugas dan fungsi pemerintah (birokrasi) dalam suatu penyelenggaraan pemerintahan, perlu terus ditingkatkan mengingat permasalahan dan tantangan yang dihadapi di masa depan semakin meningkat, seiring dengan semakin beragamnya tuntutan masyarakat.
Dalam konteks administrasi publik, lanjut dia, paradigma baru kepemimpinan, apalagi sebagai aparatur negara yang perlu dikembangkan adalah kepemimpinan berdasarkan pelayanan. Pelayanan menjadi pertimbangan sebagai dasar paradigma baru kepemimpinan, karena pelayanan publik selama ini menjadi ranah dimana negara yang diwakili pemerintah, berinteraksi dengan lembaga-lembaga non-pemerintah.
“Dengan menjadikan pelayanan publik sebagai nilai dan jiwa kepemimpinan aparatur negara, maka diharapkan good governance akan secepatnya terwujud dan toleransi terhadap bad governance akan dapat dihentikan,”kata Sofjan Helmi belum lama ini di Samarinda.
Selain itu, menurut dia, dengan kepemimpinan yang baik, harus dapat diwujudkan nilai-nilai yang selama ini mencirikan praktik good governance seperti efisien, non-diskriminatif, berkeadilan, berdaya tanggap tinggi, dan memiliki akuntabilitas tinggi.
Karena itu, sambung dia, nasib sebuah pemerintahan, baik pusat maupun daerah, akan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan para pemimpinnya dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya percepatan reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah.
Para pimpinan atau calon pemimpin yang menjadi bagian dari jajaran aparatur negara harus memiliki kepentingan untuk bisa melakukan pembaharuan dalam praktik penyelenggaraan pelayanan publik.
“Pelayanan sebagai sebuah konsep dasar paradigma baru kepemimpinan, berangkat dari pemikiran bahwa, nilai dasar dari ajaran administrasi publik adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa membedakan siapa yang dilayaninya,” pungkasnya. (her/hmsprov)


 

Berita Terkait