Berjuang Ciptakan Generasi Berkualitas

 Meningkatkan Kecerdasan Kaum Perempuan

SAMARINDA–Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim terus berupaya memperjuangkan kesetaraan gender melalui berbagai program dan kegiatan agar tercipta kaum perempuan yang cerdas  hingga melahirkan generasi berkualitas.

“Kita hari ini (kemarin) berziarah untuk mengenang jasa para pahlawan wanita. Kami terus meningkatkan kecerdasan kaum perempuan di daerah agar tercipta generasi penerus Kaltim yang berkualitas,” kata Kepala BPPKB Kaltim Hj Ardiningsih usai ziarah Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Samarinda, Minggu (21/12).

Dia mengungkapkan berbagai kegiatan dan program prioritas telah disusun. Sebagian merupakan program maupun kegiatan lanjutan di tahun sebelumnya. Program yang paling mendasar menurut Ardiningsih, yakni memperjuangkan kesetaraan gender.

Kesetaraan gender yang telah diprogramkan dan segera menjadi kegiatan prioritas tahun depan dilakukan melalui upaya-upaya peningkatan pemberdayaan kaum perempuan di daerah termasuk pemberdayaan perekonomian dengan manajemen usaha.

Selain itu, BPPKB terus melakukan peningkatan kapasitas dan kemampuan diri serta kualitas termasuk perlindungan terhadap kaum perempuan dan anak. Untuk kegiatan perekonomian diantaranya pengelolaan Desa Prima (Perempuan Indonesia Maju Mandiri).

“Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menetapkan program untuk peningkatan dan pemberdayaan perekonomian kaum perempuan melalui pembentukan dan pengelolaan Desa Prima dan kita sudah melakukan itu,” jelas Ardingsih.

Kesetaraan gender menurut dia adalah bagaimana upaya pemerintah dalam menyeimbangkan peran perempuan setara dengan kaum laki-laki dan tidak ada perlakuan pembedaan. Misalnya, dalam sektor perekonomian, pemerintahan, politik maupun keterlibatan dalam pembangunan.

Ardiningsih mengakui selama kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak memiliki kepedulian dan perhatian yang tinggi terhadap kaum perempuan di daerah ditandai dengan banyaknya kaum perempuan terlibat dalam politik, pengambil kebijakan dan pemerintahan.

 “Kita terus pacu percepatan peningkatan pemberdayaan perempuan melalui program dan kegiatan pengarusutamaan gender. Apabila perempuan berkemampuan dan berdaya saing tinggi maka daerah akan semakin maju dan masyarakat sejahtera,” ungkap Ardiningsih.

Dia menambahkan program prioritas perlindungan perempuan dan anak di daerah diimplementasikan dengan semakin tingginya dukungan dan komitmen kepala daerah dalam pengembangan program menuju kabupaten/kota layak anak (KLA) serta pembentukkan serta pengembangan forum peduli anak berkebutuhan khusus (FPABK) di Kaltim. (yans/sul/hmsprov)

 

///Foto:  Hj Ardiningsih bersama para pimpinan organisasi wanita di Kaltim beserta Wakil Ketua TP-PKK Samarinda Hj Puji Setyowati usai ziarah Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Samarinda.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait