Bermodal Semangat dan Tekun, Santri Istiqomah Mampu menghafal 30 Juz

ist

SAMARINDA - Motivasi dan semangat tinggi serta didukung ketekunan dalam diri, maka siapa saja pasti akan berhasil meraih apa yang dicita-citakan. 

Inilah yang dilakukan tiga santri Pondok Pesantren (Ponpes) Istiqomah Muhammadiyah Samarinda, Muhamad Kahfi (putra Nuraini dan Sri Sudarmi, Muhammad Afif Fadillah (Doni Aprianto dan Nirma Ismarayani) serta Muhammad Rifal Dzakwan (Alm Lukman dan Gustarina asal Sangkulirang). 

Setelah menjalani Program Pendidikan Hafalan Al Quran selama dua bulan di Ponpes Ath Thohiriyah Muhammadiyah di Desa Cangkringan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Dari 14 santri yang dikirim, tiga santri berhasil menghafal 30 Juz.

"Alhamdulillah, berkat semangat dan tekun membaca Al Quran. Kami bisa menghafal hingga 30 Juz. Kaget juga, karena dalam waktu dua bulan bisa 30 Juz," ucap jebolan MI Hidayatul Muttadiein Muara Kaman Muhamad Kahfi ketika di Ponpes Istiqomah yang juga diakui dua temannya Muhammad Afif Fadillah dan Muhammad Rifal Dzakwan, Kamis (16/1/2020).

Kahfi dan dua temannya mengaku senang dan tidak menyangka bisa menghafal Al Quran hingga 30 Juz dengan batas waktu dua bulan.

Menghafal Al Quran, ketiga santri ini mengaku sudah sejak Taman Kanak-Kanak, bahkan ketika duduk di bangku SD hanya mampu menuntaskan satu juz.

Sementara, lulusan SD Muhammadiyah 2 Samarinda Muhammad Afif Fadillah mengatakan agar mampu menghafal Al Quran, caranya selalu berlatih dan membaca setiap waktu.

"Yang jelas, jangan pernah bosan. Tetap jaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Makan teratur dan istirahat cukup. Jika tidak tahan ketika menghafal sebaiknya istirahat sambil bermain dengan teman-teman. Setelah itu, lanjut kembali. Insya Allah bisa," jelasnya.

Muhammad Rifal Dzakwan yang juga lulusan MIN 2 Sangkulirang Kutai Timur menegaskan, kalau ingin bisa lancar menghafal Al Quran jangan ada waktu untuk malas-malasan. 

Ketiga santri tersebut berharap remaja seusia mereka juga rajin membaca Al Quran.

Berhasil menghafal 30 Juz Al Quran ketiga santri ini pun dipastikan menerima Beasiswa Kaltim Tuntas pada 2021 yang disampaikan langsung oleh Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation