Kalimantan Timur
Bersama Berbagi Melawan Covid-19, PKK Peduli, Membantu Sepenuh Hati


"Ketulusan dan keikhlasan jajaran TP PKK se-Kaltim  sangat luar biasa dalam upaya membantu pemerintah dan masyarakat mencegah penyebarluasan virus corona" ..., (Ketua TP PKK Prov. Kaltim - Hj. Norbaiti Isran Noor)

 

Pagi itu, sejumlah ibu terlihat di Simpang Tiga Tanjung Durung. Semua tampak sibuk dengan tugas masing-masing. Sebagian menyiapkan gorengan macam ote-ote, pisang dan tempe  goreng. Sebagian yang lain nampak sibuk memasak nasi, membuat sayur lodeh nangka muda, oseng kangkung dan mie goreng. Lauknya pun sederhana, telur dadar, tahu goreng dan ikan asin.

Itulah kegiatan rutin para kader PKK Desa Liang Ilir dan Liang Ulu, Kecamatan Kota Bangun, sejak pandemi virus corona (Covid-19) meluas di Kaltim. Dengan suka rela mereka turun membantu para petugas penanganan Covid-19.  PKK  Desa Kota Bangun juga tak mau kalah dengan menjahit masker kain. Desa Sangkuliman, tetangga meeka, juga tak ketinggalan melakukan kegiatan gotong-royong melawan Covid-19.

Kegiatan hampir serupa juga dilakukan para kader PKK di Desa Genting Tanah dan Desa Long Bleh Haloq Kecamatan Kembang Janggut. Ibu-ibu PKK juga bahu-membahu di Kecamatan Tenggarong, Muara Jawa, Sebulu, Muara Kaman, serta Samboja.

Kader PKK lainnya di Kecamatan Marangkayu membagikan 78 paket sembako dan 120 masker di tiga desa, Bunga Putih, Sebuntal dan Sambera.  Kegiatan sosial dalam penanganan virus corona juga dilakukan di beberapa desa lainnya seperti di Santan Ulu dengan membagikan masker, galon dan sabun untuk cuci tangan. Kegiatan serupa dilakukan para kader PKK di  Perangat Baru dan Perangat Selatan. Kader PKK Desa Bunga Putih juga melakukan pengetatan penjagaan warga yang memasuki desa mereka dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan pengecekan suhu tubuh

Baca Juga : Kegiatan HKG PKK, BBGRM dan Gelar Teknologi 2020 Ditunda, Pemerintah Fokus Conona

Di Kecamatan Muara Badak, kader PKK juga melakukan  hal serupa. Berbagi masker dan sembako. Di Kecamatan Muara Wis, kader PKK Desa Muara Enggelam menggandeng pemerintah desa setempat untuk membuat 1.000 masker dalam waktu 5 hari. Masker kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Bagi-bagi masker juga dilakukan para kader PKK Kecamatan Loa Kulu bekerja sama dengan Danramil, Linmas, KNPI, dan Kantor Camat Loa Kulu. Mereka juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari virus corona.

Aksi siaga melawan virus corona juga dilakukan di kabupaten paling barat Kalimantan Timur, Mahakam Ulu. Meski virus corona belum menyebar ke kabupaten ini, mereka tetap waspada. 

Para kader PKK Mahakam Ulu melaksanakan bhakti sosial pembagian 1000 lembar masker sekaligus melakukan kampanye untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan pemasangan sejumlah baliho tentang anjuran penanganan Covid-19.

Baca Juga : Workshop HIMPAUDI Bagi Guru Kreatif

Di ibu kota provinsi Kaltim, Kota Samarinda, para kader PKK membuat dan membagikan masker kepada ojek online, penyapu jalan dan para  pedagang  kaki lima (PKL).

Kemudian mendirikan dapur umum bekerjasama dengan Pemkot Samarinda, TNI dan Polri. Mereka juga melaksanakan “Program Behambinan” kerja sama dengan Pemerintah Kota Samarinda. Kegiatan sosial lainnya adalah membagikan nasi kotak dan masker di setiap kecamatan bersama para kader PKK kecamatan.

Dari Kabupaten Paser sosialisasi dan simulasi dilakukan  ke semua kecamatan dalam upaya pencegahan Covid-19. Sesuai Surat Edaran Bupati Paser mereka telah menyisisihkan anggaran tahun 2020  sebesar 25 %  untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

Kader PKK di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak kalah bersemangatnya. Secara mandiri mereka membuat dan membagikan masker tidak kurang dari 20.000 lembar. Masker antara lain dibagikan ke Desa Giripurwa 5.000 masker, Desa  Girimukti 10.000 masker, Kelurahan Lawe-Lawe  2.000 masker, Kelurahan Saloloang 1.000 masker. Masker juga dibagikan ke Pasar Nanang dan Pasar Petung, termasuk di Kecamatan Sepaku. Selain itu juga diserahkan bantuan sembako kepada warga kurang mampu bekerjasama dengan Pemkab PPU.

Kader PKK Kabupaten Kutai Timur juga melaksanakan berbagai aktivitas sosial dalam rangka penanganan Covid-19. Di antaranya, pemberian berupa 18  tandon air dan cuci tangan set, serta 18.000 masker.

TP PKK KecamatanSangatta Selatan melakukan sosialisasi dan edukasi tentang Covid-19 di pasar-pasar dan tempat umum. TP PKK Kecamatan Bengalon juga membagikan masker dan sembako. Sedangkan kader PKK Busang meracik jamu herbal alami untuk disumbangkan ke tim relawan penjaga Pos Siaga Covid-19 Gabungan 3 Desa di Kecamatan Busang.

Baca Juga : Hadapi Corona DPTPH Prov. Kaltim Kembangkan P2L

Beralih ke kabupaten paling utara Kaltim, Berau.  Para kader PKK Kabupaten Berau memberikan bantuan masker dan hand sanitizer yang langsung disalurkan ke Puskesmas Sambaliung, Kampung Bugis dan Tanjung Redeb. Bantuan di setiap puskesmas berupa 100 lembar masker lengkap dengan sabun pencuci tangan.  Saat menjalankan aksi sosialnya melawan penyebaran Covid-19 ini, TP PKK Berau bekerjasama dengan Pengurus Forum Berau Sehat.

Bantuan juga disalurkan ke Pasar Senja di Trans Bangun sebagai antisipasi daerah terpapar sekaligus dukungan kepada pedagang yang setiap harinya melakukan aktivitas jual beli. Masker yang dibagikan berjumlah 200 lembar, khusus untuk pedagang.

Sementara di Kota Taman, Bontang, pemasangan spanduk imbauan pencegahan Covid-19 dilakukan di 3 titik strategis.

Para kader PKK juga membuat tutorial pembuatan cairan disinfektan bersama Walikota Bontang selaku Ketua Pembina TP PKK Kota Bontang.

Pembuatan masker di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kelurahan Bontang Lestari, Kelurahan Gunung Elai, dan Kelurahan Lok Tuan. Pembagian masker kain gratis kepada masyarakat sejumlah  2.375  lembar masker.

Selain itu, juga dibagikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19  di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kelurahan Gunung Elai dan Kelurahan Belimbing sejumlah 488  paket. TP PKK Bontang juga membantu melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan RT di Kota Bontang. Termasuk membuat tutorial pembuatan minuman herbal pencegahan Covid-19.

Melihat ketulusan dan keikhlasan jajaran TP PKK se-Kaltim yang sangat luar biasa dalam upaya membantu pemerintah dan masyarakat mencegah penyebarluasan virus corona, Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para kader PKK di semua tingkatan.

“Saya haturkan ribuan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua kader PKK di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan, desa, kelurahan hingga para kader di tingkat RT dan dasa wisma atas ketulusan dan keikhlasannya berpartisipasi dalam melawan penyebaran virus corona di Kaltim. Semoga amal baik ini berganjar pahala berlipat ganda dari Allah SWT,” kata Norbaiti Isran Noor.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan kepada semua elemen daerah yang telah berpartisipasi membantu upaya pemerintah menghentikan penyebaran Covid-19 dan menyembuhkan semua pasien corona.

“Ucapan terima kasih yang tak terhingga juga saya sampaikan kepada semua lapisan, mulai tenaga medis, pemerintah, swasta, organisasi sosial, juga masyarakat. Kita ingat, orangtua dulu selalu memberi petuah, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul, dan kita sudah bersama-sama melakukannya. Mari kita terus berdoa, yakinlah bersama kita pasti bisa menghilangkan virus corona ini dari Bumi Kalimantan Timur. Semoga badai corona ini segera berlalu,” tutup istri Gubernur Kaltim Isran Noor itu.

Penulis : Samsul Arifin

Editor : Hadri

 

Tonton Juga:

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong
Government Public Relation